Pajak PPnBM 0 persen Mulai Maret, Harga Ertiga dan XL7 Bakal Turun

67
produk Suzuki XL7 yang dipasarkan PT Megahputra Kendari. (FOTO: WATY/BKK)

KENDARI, BKK – Bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil idamannya di Suzuki Megahputra Kendari, ada diskon potongan harga besar-besaran pada Maret 2021. Untuk Suzuki ada dua produk unggulan yang bakal turun harga yaitu Ertiga dan XL7.

Penurunan harga mobil baru tersebut karena ada insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) kendaraan bermotor 0 persen. Selama ini, tarif PPnBM mobil baru mulai dari 10% atau lebih. Pemerintah berencana memberikan insentif penurunan tarif PPnBM untuk kendaraan bermotor atau mobil pada Maret 2021 untuk kendaraan di bawah 1500 cc yakni kategori sedan dan 4×2.

Head Marketing Promotion PT Megahputra Kendari, Rahmat La Dae mengungkapkan bahwa terkait besar kecilnya potongan harga di Suzuki, sebaiknya konsumen datang langsung ke dealer Suzuki supaya bisa tau.

“Jadi, di Bulan Maret akan diberlakukan PPnBM dan hanya berlaku 75 persen untuk mobil produk Indonesia dan di Suzuki ada Ertiga dan XL 7,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Kamis (25/2).

Dua produk Suzuki tersebut, kata dia, bakal menyediakan promo besar-besaran. Maret hingga November dengan estimasi potongan harga bertahap menurun. Tiga bulan pertama sebanyak 100 persen, tiga bulan kedua 50 persen dan tiga bulan ketiga 25 persen. Untuk PPnBMnya itu, beda beda tiap mobil.

“Ertiga dan XL7 untuk potongan sekitar Rp10 juta lebih. Ada banyak potongan termasuk potongan diskon dan potongan pajak sehingga konsumen bisa mendapatkan mobil idamannya dengan harga terjangkau,” jelasnya.

Lanjut, Rahmad, untuk uang muka mobil Suzuki sebesar 30% dari harga mobil. Pihaknya juga menargetkan seperti biasa melihat setiap triwulan pertama.

“Beberapa unit Suzuki mobil masih menjadi primadona masyarakat Sultra, sehingga kami manfaatkan untuk menjual produk sebanyak-banyaknya,” ucapnya.

Kata dia, dengan adanya insentif pajak mobil baru 0% ini, diharapkan antusias masyarakat berpenghasilan menengah akan melakukan pembelian produk Suzuki sehingga industri otomotif lebih meningkat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Sultra.

Rahmad menambahkan, untuk jumlah unit penjualan memang sekitar 100 unit perbulan sesuai target triwulan I. Namun sejak setahun terakhir dengan kondisi Covid-19 penjualan Suzuki mobil stabil di angka 70 unit setiap bulan.

“Kami sangat optimis dengan kondisi ini, penjualan Suzuki akan tetap stabil dan bahkan bisa meningkat ketika kondisi perekonomian mulai pulih,” tutupnya. (cr4)

Facebook Comments