Muna Segera Terapkan Pembelian Tiket Kapal Berbasis Aplikasi Online

67

La Ode Nifaki Toe

RAHA, BKK- Pemerintah Kabupaten Muna (Pemkab Muna) dalam waktu dekat akan meluncurkan kebijakan pembelian tiket jasa transportasi laut secara online, di Pelabuhan Nusantara Raha.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Muna H Drs La Ode Nifaki Toe kepada wartawan koran ini menerangkan, jika tidak ada aral melintang peluncuran tiket online ini dilakukan Maret mendatang.

“Program ini kerjasama Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Raha, dan Dishub Muna. Sudah ada pemenang tendernya kegiatan ini, tinggal kita launching pada Maret,” kata Nifaki, Kamis (18/2), saat ditemui di ruang kerjanya.

Program ini katanya menjadi pilot project di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Muna ditunjuk sebagai pilot project dari program penjualan tiket secara online ini. Nama aplikasinya e-Ticketing Easy Sibuk.

Semua pembelian tiket kapal, baik kapal malam, kapal cepat, dan kapal Pelni yang melalui Pelabuhan Nusantara Raha akan diberlakukan pembelian tiket secara online,” jelasnya.

Banyak manfaat yang didapat Kabupaten Muna dari program ini.

“Tidak hanya penjualan tiket lebih mudah, tapi pihak provider juga akan mempromosikan wisata Kabupaten Muna ke mancanegara melalui program ini. Nanti, tidak ada lagi penumpang yang tidak beli tiket langsung masuk saja di kapal. Semua akan tertib nantinya,” tambahnya.

Namun demikian, sambung dia, khusus bagi masyarakat yang tidak memiliki hape Android, tetap akan dibuka penjualan tiket secara manual, secara terbatas. (tri/iis)

Facebook Comments