Karyawan Gelapkan Uang Perusahaan Rp120 Juta Selama 2 Tahun Bekerja

61
Tersangka HR (tengah) diamankan di Polres Kendari. (FOTO:SUHARDIMAN/BKK)

KENDARI, BKK- Salah seorang karyawan PT Propan Raya Cabang Kendari, HR (36) ditangkap polisi karena menggelapkan uang perusahaan sebesar Rp120 juta.

Warga Jalan H Lamuse Kelurahan Lepolepo Kecamatan Baruga Kota Kendari ini diamankan di Kepolisan Resor (Polres) Kendari, Senin (8/2) sekitar pukul 19.30 Wita.

Kepala Satuan Reserse (Kasatreskrim) Polres Kendari Ajun Komisaris Polisi (AKP) I Gede Pranata Wiguna mengatakan, tersangka tercatat sebagai karyawan pada 2018.

Di PT Propan Raya Cabang Kendari, tersangka bertugas  mengantar dan menagih uang hasil penjualan barang berbagai merk. Ia menangani wilayah Kabupaten Muna.

“Juni 2020, yang bersangkutan mulai melakukan perbuatannya. Yang bersangkutan menerima uang pembayaran barang perusahaan yang telah diorder tapi tidak disetorkan ke perusahaan,” terang Gede, Selasa (9/2).

Dibeberkan, tersangka menggunakan uang tersebut untuk keperluan pribadinya tanpa sepengatahuan pihak perusahaan.

“Diketahui kerugian perusahaan sekitar Rp120,” ungkap Gede.

Lebih lanjut, Gede mengatakan, tersangka dijerat Pasal 374 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Tindak Pidana Penggelapan Dalam Jabatan dan atau Pasal 372 KHUP tentang Penggelapan, dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. (cr2/man)

Facebook Comments