404 Vaksin Covid-19 di Butur Telah Disuntikkan ke Masyarakat

85
dr Muh Ali Badar

BURANGA, BKK – Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Buton Utara (Butur) sudah berjalan dari dua pekan lalu. Tercatat, dari 773 sasaran target, sebanyak 404 orang telah berhasil diberi suntikan vaksin.

Sebanyak 97 orang batal disuntik atau masih ditunda karena komorbid dan alasan lainnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Butur, dr Muhammad Ali Badar, Kamis (18/2) mengatakan puluhan orang yang menjadi sasaran target vaksinasi namun batal dikarenakan adanya Komorbid atau ada penyakit penyerta sesuai dengan pedoman yang tidak dibolehkan seperti HIV, Diabetes, TB paru dalam pengobatan awal, penyakit jantung, ginjal, dan penyakit lainnya yang ada dalam lembaran screening sesuai pedoman.

“Untuk alasan lain ini, seperti ibu hamil, orang yang riwayat Covid-19 dalam 3 bulan terakhir, lagi sementara batuk flu demam sesak,” katanya.

Pemberian vaksin Vovid-19 tahap pertama yang kini sementara berlangsung menyasar para tenaga kesehatan (nakes) termasuk pejabat esensial yang disuntik lebih awal pada pencanangan vaksinasi di RSUD Butur Sabtu (6/2) lalu.

Dimana, sambung dia, pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini ditarget tuntas pada awal bulan Maret 2021. “Karena sudah masuk tahap II untuk pelayan publik,” ujar Ali Badar.

Ali Badar kembali mengajak agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, cuci tangan rutin dan hindari kerumunan. “Serta mari sukseskan pelaksanaan vaksinasi sebagai satu-satunya ikhtiar kita melawan pandemik Covid-19. Vaksin sehat dan aman untuk melindungi diri dan keluarga dari penyebaran Covid-19 yang bisa menyerang kapan saja dan di mana saja,” imbuhnya.

Sementara itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Butur, kembali merilis data terbaru laporan kasus dan pelaksanaan vaksinasi covid-19 di daerah setempat. Dari data terintegrasi yang dilansir Rabu, (17/02), pukul 21.00 Wita, tercatat ada empat kasus konfirmasi positif dan kini sementara menjalani isolasi. (dar/nan)

Facebook Comments