Pemprov Lantik Kepala SMAN dan SMKN di 3 Kabupaten

107
Kepala Dikbud Sultra Asrun Lio saat melantik kepala SMAN dan SMKN di 3 kabupaten di Sultra. (FOTO: FAYSAL/BKK).

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di 3 daerah.

Pelantikannya dilaksanakan sesuai protokol kesehatan (prokes) Coronavirus disease 2019 (Covid-19), yakni secara virtual bertempat di Aula rapat Dikbud Sultra, pada Senin (18/1).

Pelantikan tersebut hanya diikuti beberapa orang perwakilan, sementara sisanya mengikuti secara virtual. Terdiri dari Kabupaten Buton 26 orang, Kolaka Utara (Kolut) 15 orang, dan Bombana sebanyak 34.

Kepala Dikbud Sultra Asrun Lio mengatakan, pelantikan merupakan momentum yang sangat penting dalam kehidupan. Pelantikan juga harus memenuhi syarat sesuai standar kompetensi nasional yang telah ditetapkan.

“Mereka yang dilantik mesti memiliki nomor unik kepala sekolah (NUKS). Ada 5 poin standar kompetensi yang harus dipenuhi oleh kepala sekolah. Yakni, kompetensi kepribadian, managerial, kewirausahaan, supervisi, dan kompetensi sosial,” ujar Asrun Lio saat membacakan sambutan gubernur Ali Mazi.

Lulusan dari The Australian National University ini menambahkan, kepala sekolah juga harus bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang ada di sekolah yang dipimpinnya.

“Yakni bagaimana bisa menjadikan sekolah yang dimpimpinnya menjadi sekolah yang terbaik, dan program sekolah dapat diterima oleh guru dan murid, serta kepala sekolah memiliki fungsi utama dalam meningkatkan mutu pendidikan,” paparnya. (cr3/nir)

Facebook Comments