Pemkab Muna Bakal Terima Pegawai Guru Melalui PPPK

43
Ilustrasi

RAHA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna bakal melakukan seleksi penerimaan calon tenaga pengajar (Guru red) melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Pemberhentian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, Andi Mapitumba, Senin (18/1). Kata dia, meskipun belum ada informasi detail kuota tenaga guru honorer yang akan diterima melalui jalur PPPK, namun pengangkatan tenaga guru melalui jalur ini akan dibuka tahun 2021 di Muna.

“Januari ini akan diumumkan kuotanya, kemudian bulan Febuari ada semacam pembelajaran dan pada bulan Maret 2021 mendatang akan dilakukan pendaftaran secara resmi bagi para tenaga guru honorer yang akan diangkat menjadi pegawai melalui jalur PPPK, ” katanya.

Ia menambahkan, dengan adanya penerimaan pegawai tenaga guru minus guru agama melalui jalur PPPK, penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2021, tidak akan ada lagi formasi tenaga guru.

“Pemerintah pusat tahun 2021 fokus pengangkatan pegawai khusus guru honorer melalui jalur PPPK bukan melalui penerimaan CPNS, ” tambahnya.

Dijelaskannya, ada regulasi nanti yang mengatur tenaga pengajar yang diangkat menjadi pegawai melalui jalur PPPK diantaranya tidak bisa pindah tempat dimana dirinya mengajar.

“Dimana yang bersangkutan diangkat menjadi guru, disitulah dia bertugas. Tidak bisa minta pindah ke sekolah lain karena yang mengontrak guru tersebut adalah sekolah tempat dia menjadi tenaga honorer, ” pungkasnya. (tri/nan)

Facebook Comments