Rektor USN Kolaka Harap Alumni Pertanian Jadi Pelopor Kewirausahaan

273
Rektor USN Dr Azhari saat mewisuda perwakilan alumni Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan pada Wisuda IX USN, Selasa (1/12).

KOLAKA, BKK – Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Dr Azhari di hadapan 67 alumni Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan (FPPP) pada wisuda IX di Gedung Auditorium Kampus USN,  Selasa (1/12) mengharapkan lulusan-lulusannya bisa menjadi pelopor wirausahawan muda di bidang pertanian.

“Jadi saya harap alumni pertanian bisa menjadi pelopor wirausaha di bidang pertanian. Sarjana pertanian yang memahami seluk-beluk pertanian bisa memberi contoh kepada masyarakat kita, bagaimana caranya menjadi wirausahawan di bidang itu, jangan pernah menganggap pekerjaan bertani itu tidak menjanjikan dan pekerjaan itu seolah-olah hina,” ucap Azhari.

Dia menyampaikan, sepatutnya jurusan pertanian diperhatikan, sebab di sektor pertanian perannya sangat vital, terutama ketahanan pangan, demi menunjang keberlangsungan kebutuhan hasil-hasil pertanian di Indonesia.

“Bangsa kita ini saat ini tidak mementingkan pertanian lagi akhirnya keterpurukan kita semakin menjadi, keterpurukan ekonomi kita
semakin tinggi, kenapa? kita impor terus, beras kita impor, jagung kita impor, ternak kita impor, buah-buahan apalagi, kita impor dari negara-negara seperti Thailand yang wilayahnya lebih kecil daripada kita, warganya lebih sedikit daripada kita tapi kenapa bisa kita mengimpor bahan makanan dari mereka,” tegasnya.

Kondisi saat ini, kata Azhari, adalah persoalan paradigma berpikir para pendahulu yang memengaruhi cara berpikir generasi setelahnya bahwa pekerjaan bertani itu adalah pekerjaan yang tidak menjanjikan.

“Bahkan menjadi petani menurut saya lebih banyak hasilnya dibandingkan PNS, cuma menangnya di PNS itu hari-hari dia kerja bajunya rapi, pergi kantor pakai sepatu, petani itu tidak, tetapi kalau dipikir baik-baik, petani itu sangat menjanjikan. Saya tidak menyuruh
kamu menjadi petani tradisional, saya meminta menjadi petani yang profesional, jadilah wirausahawan muda menjadi contoh-contoh sarjana
lain di bidang pertanian perikanan dan peternakan,” jelasnya. (m5)

Facebook Comments