Insentif Guru Honorer Berlanjut 2021

332
Asrun Lio. (FOTO: FAYSAL/BKK).

KENDARI, BKK- Pada 2021 mendatang guru honorer dipastikan masih menerima insentif Rp1 juta dari pemerintah provinsi (pemprov).

“Untuk pemberian insentif guru honorer sesuai SK guru honorer masih berlanjut untuk 2021. Jadi hampir tidak ada yang hilang,” kata Kepala Dikbud Sultra Asrun Lio kepada wartawan koran ini kemarin.

Lulusan dari The Australian National University ini menambahkan, guru adalah korps dari proses belajar mengajar dengan harapan mereka juga tetap melaksanakan tugasnya untuk memberikan pelayanan kepada siswa meskipun pada masa pandemi Covid-19.

“Agar hak-hak anak itu dapat terpenuhi. Oleh karena itu kita memberikan insentif kepada kurang lebih 4 ribu guru honorer yang kita anggap mereka ini guru-guru yang terdampak selama masa pandemi,” jelasnya.

Asrun merincikan, sebanyak 3.750 guru honorer melalui surat keputusan (SK) gubernur dan 300 guru honorer melalui SK kepala sekolah.

“Dengan nilai Rp1 juta per orang, agar para guru tersebut termotivasi untuk melaksanakan proses belajar mengajar,” ungkapnya.

Untuk itu ia menyebutkan, menjelang akhir tahun ini pihaknya memastikan perubahan perilaku dari dunia pendidikan baik guru dan siswa bahwa pentingnya menjaga kesehatan.

“Karena akan memasuki proses belajar mengajar tatap muka di 2021, salah satu syaratnya sekolah harus siap, karena bagi dunia pendidikan kesehatan dan keselamatan peserta didik adalah yang utama,” tuntasnya.

Pemberian insentif difokuskan untuk sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sekolah luar biasa (SLB) di bawah kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). (m3/iis)

Facebook Comments