Desa Kalu Kaluku Diterjang Banjir, BPBD Kolut Imbau Warga Waspada Cuaca Extrim,

53
Hj Syamsuryani (foto: Mansiral/BKK)

LASUSUA, BKK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Utara (Kolut) mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada cuaca ekstrim.

Pasalnya, hujan yang tak kunjung berhenti sejak Sabtu (18/11) malam hingga Senin (30/11) mengakibatkan Desa Kalu Kaluku, Kecamatan Kodeoha diterjang banjir yang ditaksir kerugian mencapai Rp 300 juta.

Kepala BPBD Kolut, Hj Syamsuryani mengatakan saat ini cuaca yang ekstrim dampak dari La Nina sudah mulai melanda wilaya Kolut. Sehingga warga harus meningkatkan kesiapsiagaan atau kewaspadaan.

“Untuk kerugian yang dialami warga Desa Kalukaluku pastinya belum didata namun perkiraan sementara mencapai Rp 300 juta. Estimasi kerugian ini seperti kopra kelapa yang hanyut terbawah arus, tanaman nilam yang terendam air, binatang ternak warga dan 2 rumah yang hampir hanyut terbawah arus, ” katanya.

Menurut ibu dua putra ini, cuaca extrim berupa curah hujan dengan intensitas yang tinggi disertai angin kencang harus diwaspadai. Pasalnya cuaca extrim ini dapat menyebabkan bencana yang tiba-tiba.

“Meskipun kita memiliki data peta tentang wilaya yang rawan bencana seperti banjir. Namun masyarakat harus tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan,” ujarnya.

Hj Syamsuryani, mencontohkan seperti Desa Batuganda Kecamatan Lasusua, yang pemukimannya berada di wilaya daerah aliran sungai (DAS) dan pernah dilanda banjir bandang yang menelan korban jiwa. Warganya harus meningkatkan kesiapsiagaan meskipun sungainya pernah dinormalisasi.

“Akibat intesitas hujan yang cukup tinggi di Desa Batuganda, ada bangunan bronjong sepanjangnya 300 meter yang rusak diterjang banjir. Kerugian ini mencapai ratusan juta rupiah,” jelasnya

Kepala BPBD kolut ini juga menyampaikan menurut pantauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG)  badai La Nina tersebut di perkirakan berahir pada Bulan Maret 2021.

“Himbauan kami buat masyarakat, agar selalu siaga dalam menghadapi kondisi cuaca buruk saat ini dan banyak berdoa kepada Allah SWT, agar kita semua di  jauhkan dari musiba baik bencana alam mau pun bencana lainnya,”Harapnya. (ral/r4)

Facebook Comments