BPBD Bombana Gencar Lakukan Sosialisasi

40
BPBD Bombana saat menggelar sosialisasi tanggap bencana

RUMBIA, BKK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bombana gencar melakukan sosialisasi tanggap bencana.

Sosialisasi itu dilaklukan dengan menyisir wilayah-wilayah yang sering terdampak bencana saat memasuki musim penghujan dengan tujuan agar memberikan pemahaman awal dan pengetahuan dini tentang bencana alam.

Kepala BPBD Bombana, Andi Syarifuddin mengatakan sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman awal kepada masyarakat yang sering terdampak bencana saat memasuki musim hujam.

“Jadi tujuan utamanya adalah dalam rangka penanganan dini. Olehnya itu, kami harap masyarakat agar selalu siap dan waspada, ” katanya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan sosialisasi itu, BPBD Bombana turut menghadirkan Kepala badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Rosa Amelia sebagai pemateri.

Rosa Amelia mengungkapkan, output kegiatan pembentukan desa tangguh ini yakni setiap desa di harapkan dapat membentuk team atau kelompok penanggulangan bencana. “Harus membentuk kelompok di skala desanya masing-masing dengan tetap berkoordinasi dengan BPBD Bombana, ” terangnya.

Dijelaskannya, salah satu tujuan dibentuk kelompok dan pembentukan desa tangguh ini agar bisa setiap saat melakukan tingkat kewaspadaan dari setiap bencana diwaktu memasuki musim penghujan.

“intinya harus ada disetiap desa, agar bisa saling komunikasi setiap saat di BPBD sebagai leading sektor bencana, ” pungkasnya. (r4)

Facebook Comments