Antisipasi Penyalahgunaan, KPU Konkep Musnahkan 2.570 Surat Suara Rusak

217

 

Ketua KPU Konkep, Iskandar bersama Ketua Bawaslu Konkep dan pihak Kepolisian saat membakar surat suara rusak di pelataran Kantor KPU Konkep, Selasa (8/12). (FOTO: HUSAIN/BKK)

 

LANGARA, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) memusnahkan sebanyak 2.670 surat suara yang rusak sehari sebelum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konkep, 9 Desember 2020.

Ketua KPU Konkep, Iskandar SPd saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (8/12), mengatakan, dari 2.570 surat suara rusak tersebut terdapat 1.826 surat suara rusak pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konkep 9 Desember 2020 dan sebanyak 744 surat suara rusak persiapan Pemilihan Suara Ulang (PSU) jika terjadi.

“Kategorinya banyak, ada yang gradasi, buram, sobek, bernoda titik hitam di gambar, termasuk gambar pasangan calon yang hilang dan surat suara kusut,” katanya.

Lebih lanjut alumnus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo tersebut menjelaskan, pemusnahan surat suara tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan untuk memenangkan salah satu pasangan calon baik dalam Pilkada Konkep 2020.

“Surat suara yang dimusnahkan ini masuk dalam PKPU 7 tahun 2020 tentang logistik bahwa bila mana ada kelebihan surat suara atau rusak, maka KPU kabupaten bersama Bawaslu dan Kepolisian melakukan pemusnahan sebelum pelaksanaan pemungutan suara, ini juga salah satu upaya untuk mengantisipasi penyalahgunaan atau kecurangan dalam Pemilu 2020,” jelasnya. (ain)

Facebook Comments