Wisuda 740 Mahasiswa, Rektor USN Kolaka: Jadilah Wirausaha Muda

954
Rektor USN Kolaka, Dr Azhari.

KOLAKA, BKK – Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Dr Azhari berpesan kepada mahasiswa yang telah diwisuda agar menjadi sarjana yang produktif tidak hanya berorientasi untuk menjadi pegawai negeri sipil. Sehingga, tidak terus membebani keuangan negera.

Menurut dia, semua yang lulus seharusnya mulai berpikir dan kreatif untuk membuka lapangan pekerjaan.

“Hari ini bukan akhir dari suatu pendidikan, kalau zaman dulu tahun 70-an 80-an lulus sarjana itu adalah sebuah kehormatan karena masih langka, lapangan kerja banyak, sekarang tidak lagi, sarjana
sudah banyak. Justru sekarang yang harus diupayakan para fresh graduate itu bagaimana caranya menciptakan lapangan keja baru, jangan semua pemikiran mau jadi PNS, mau kerja di perusahaan, itu pilihan kedua,” ucapnya di hadapan para wisudawan dan pendamping di Auditorium Kampus USN Kolaka, Senin (30/11).

Rektor berpesan kesuksesan bukan hanya selalu menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), tapi juga di bidang lain seperti bertani, menjadi wirausahawan, memulai bisnis, tinggal bagaimana bekerja dengan ulet dan giat.

“Cobalah Anda memulai menjadi wirausahaan muda, jangan malu nanti dibilangi ini petani, ini nelayan, tidak bisa malu begitu, kalau kita masih malu, maka kita itu masih terbawa dengan pikiran penjajah zaman dulu. Kenapa? Seolah-olah jadi PNS itu sudah paling hebat, terlalu banyak contoh di Kolaka ini yang tidak kuliah, tetapi mereka, kerja ulet dan menjadi orang kayanya Kolaka dan orang-orang sukses,” jelasnya.

Olehnya itu, kata dia, anak muda jangan terlalu sering gengsi dengan apa yang sedang dikerjakan, walau tak menjadi PNS itu bukan merupakan penghalang untuk menjadi orang sukses di bidang
masing-masing.

“Jadi tolonglah anak muda, jangan malu, jangan malu, buka lapangan kerja, saya bangga dan senang ada dari fakultas tambang saat ini menjadi petani-petani muda, mereka itu akan sukses tinggal waktu saja, yang penting ulet,” katanya.

Dalam acara wisuda ini secara simbolis Rektor USN Kolaka, Azhari memindahkan tali pada topi toga perwakilan wisudawan. Sementara wisudawan dan wisudawati lainnya pemindahan tali tersebut dilakukan masing-masing oleh orang tuanya.

Wisuda digelar secara disiplin protokol kesehatan. Setiap wisudawan dan wisudawati serta pendamping diwajibkan memakai masker. Selain itu juga memperhatikan jarak dan mencuci
tangan sebelum masuk ke dalam auditorium. (m5)

Facebook Comments