Usulan 3 Kelurahan Pesisir Jadi Objek Wisata Masih dalam Proses

37
H Sulkarnain. (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari saat ini sedang mengusulkan 3 kelurahan pesisir untuk menjadi objek wisata ke Kementerian PUPR. Adalah, Kelurahan Kasilampe, Mata, dan Kelurahan Purirano.

Wali Kota Kendari H Sulkarnain, Rabu (18/11) mengatakan, pengusulan tersebut dilakukan melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk mendapatkan bantuan program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh) skala kawasan.

“Untuk Kelurahan Kasilampe, Mata, dan Purirano kita sudah mengusul program Kotaku. Jika berhasil, maka anggaran sebesar Rp10 miliar akan diberikan. Kita harap tiga kelurahan tadi bisa menjadi tempat wisata hasil bantuan Kotaku,” ujar H Sulkarnain.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini mengungkapkan, untuk konsep pembagunan jika disetujui, pihaknya masih akan melakukan diskusi dengan pihak balai dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

“Kita ingin di Kota Kendari ini alternatif wisatanya banyak. Meskipun sudah ada wisata seperti Pantai Nambo, Kebun Raya Kendari, Tambat Labuh, Jembatan Teluk Kendari, wisata Bungkutoko dan lainya, tapi kita ingin menabah lagi. Harapannya usulan kita bisa disetujui,” paparnya.

Dia menjelaskan, alasan menggagas kawasan wisata baru khususnya daerah pesisir, karena adanya rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra yang bakal menjadikan Kota Kendari sebagai titik fokus Sultra.

“Kita (Kota Kendari) akan jadi titik fokus daerah. Jadi, daerah transit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kenapa tidak kita berbuat selagi ini memberikan manfaat bagi masyarakat dan bagi perekonomian daerah,” tutupnya. (m1/nir)

Facebook Comments