Tingkatkan Kinerja, BLK Kendari Lantik Pejabat Fungsional Arsiparis

49
Saat Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu melantik pejabat fungsional arsiparis. (FOTO: HUMAS BLK Kendari)

KENDARI, BKK – Untuk meningkatkan kinerja, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari Dr La Ode Haji Polondu lantik Pejabat Fungsional Arsiparis H Abdul Jalil Bar di aula serba guna BLK Kendari, Rabu (18/11).

Pelantikan pejabat fungsional tersebut merupakan amanat undang-undang yang tertuang pada Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009, Tentang Arsip dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang Undang Tetantang Kearsipan.

“Berdasarkan amanat undang-undang, hari ini (kemarin, red) kami melantik salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) BLK Kendari, yang memiliki kompetensi di bidang kearsipan,” ujar Dr La Ode Haji Polondu, kemarin.

Dia membeberkan, fungsi dan tugas arsiparis yaitu melaksanakan kegiatan kearsipan yang meliputi pengelolaan arsip dinamis, arsip statis, pembinaan kearsipan, pengolahan dan penyajian arsip menjadi informasi.

“Pejabat Fungsional Arsiparis juga melakukan pengelolaan arsip dinamis berupa proses penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan, serta penyusunan arsip yang dilakukan terhadap arsip aktif, in-aktif, dan vital, secara efisien, efektif, dan sistematis,” jelasnya.

Posisi ini, jelas mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI), merupakan posisi baru di BLK Kendari, yang nantinya diharapkan dapat membantu peningkatan kinerja BLK Kendari dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya pejabat fungsional arsiparis, menejemen kearsipan kita menjadi lebih baik lagi,” imbuhnya. (nir)

Facebook Comments