Tim Pengabdian UHO Edukasi Mahasiswa Cegah Covid-19 dengan Tanaman Tradisional

73
Tim Pengabdian Masyarakat UHO foto bersama sebelum melakukan edukasi kepada mahasiswa.

KENDARI, BKK – Tim Pengabdian Kemitraan Universitas Halu Oleo (UHO)  turun ke lingkungan mahasiswa dalam rangka memberikan edukasi pentingnya menjaga kesehatan diri sebagai bentuk pertahanan awal dari serangan Covid 19, 3 November lalu.

Kegiatan pengabdian tersebut mengangkat tema “Aksi Peningkatan Imun Melalui Literasi Resep-Resep Tradisional sebagai Upaya Pencegahan Dini Covid 19 dengan Melibatkan Lembaga Narasi Toleransi Kendari dan Lembaga Pers Kemahasiswaan Katharsis”.

Sebelum turun ke lapangan, para mitra ini diberikan arahan oleh Ibu ketua Tim yakni Dr. Lilik Lindayani, S.Pd., M.Hum kepada kedua lembaga mitra. Dalam materinya disampaikan bahwa imun tubuh dapat ditingkatkan melalui rempah-rempah tradisional yang ada di sekitar kita seperti, temulawak, jahe, kencur, daun miyana, dan minyak kayu putih. Menurutnya, orang-orang tua dulu mengolah bahan-bahan tersebut menjadi resep-resep obat untuk menyehatkan badan mereka dan tidak mudah diserang penyakit.

Ditambahkan lagi bahwa resep-resep tradisional ini bisa digunakan di masa sekarang, masa dimana wabah covid 19 merajalela dan belum ditemukan obat penangkalnya. “Cara yang paling mudah adalah dengan menambah kekebalan tubuh melalui peningkatan imun tubuh yang salah satu cara adalah dengan meminum ramuan-ramuan herbal yang telah diajarkan oleh orang-orang terdahulu,” jelasnya.

Dengan melibatkan Lembaga Narasi Toleransi Kendari dan Lembaga Pers Kemahasiswaan Katharsis sebagai mitra diharapkan mereka dapat menjadi agen yang dapat menyampaikan materi literasi resep-resep tradisional sebagai upaya pencegahan dini Covid-19 kepada masyarakat, mahasiswa dan para pemuda-pemudi dengan cara yang lebih persuasif dan kekinian. Salah satunya adalah dengan cara menyampaikannya melalui penyebaran leafle yang berisi materi yang dimaksud. (rls) 

Facebook Comments