Siap-Siap! PBM Tatap Muka Bakal Dilaksanakan Januari Tahun Depan

55
Asrun Lio. (FOTO: FAYSAL/BKK).

KENDARI, BKK – Setelah sekian lama menggelar proses belajar mengajar (PBM) secara dalam jaringan (daring), kini siswa dan siswi di Sulawesi Tenggara (Sultra) harus bersiap-siap karena PBM tatap muka di Bumi Anoa akan kembali dilakukan Januari tahun depan.

Hal tersebut dilakukan sesuai arahan yang diberikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Dimana Mendikbud Nadiem Makarim telah mengizinkan pemerintah daerah (pemda) untuk pembukaan sekolah atau kegiatan belajar tatap muka di sekolah di seluruh zona.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dikbud Sultra Asrun Lio mengatakan, kebijakan itu diambil karena berdasarkan evaluasi Kemendikbud Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) atau belajar dari rumah ini dianggap kurang efektif.

“Bahkan telah terjadi tindak kemalasan belajar terhadap peserta didik di rumah,” katanya melalui pesan WhatsApp, Minggu (22/11).

Dikatakan, pemerintah pusat memberikan kewenangan penuh kepada pemda, untuk menyiapkan PBM tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Ada 3 izin yang diperlukan bagi satuan pendidikan yang akan belajar tatap muka. Yakni, izin dari pemda se tempat, izin dari Dinas Pendidikan, dan persetujuan (izin) dari orangtua siswa,” jelasnya.

Dia harap, pada pelaksanaan PBM tatap muka nanti khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di 17 kabupaten/kota di Sultra yang menjadi kewenangan Dikbud Sultra, agar benar-benar bisa memastikan bahwa setiap satuan pendidikan telah memenuhi standar kesehatan.

“Untuk pelayanan pembelajaran tatap muka pada masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19),” pungkasnya.(m3/nir)

Facebook Comments