Petani di Muna Segera Miliki Perusahaan Sendiri

45
La Ode Anwar Agigi (tengah)

RAHA, BKK – Para petani yang ada di wilayah Kabupaten Muna bakal memiliki perusahaan sendiri dalam mengembangkan usaha dibidang pertanian.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Muna, La Ode Anwar Agigi jika salah satu program untuk membangun kelembagaan ekonomi petani, pihaknya membangun perusahaan milik petani, baik dalam bentuk Persero terbatas (PT), hingga bentuk koperasi.

“Perbedaan  perusahaan petani ini dengan perusahan atau porporasi lain, kita akan injeksi SDM manajemen para sarjananya. Selama ini para petani itukan didampingi para fasilitator. Mau berhasil atau tidak, bukan lagi jadi tanggungjawab fasilitator. Makanya saat ini kita akan lakukan reformasi petani ,dengan membuat perusahan bagi para petani,” katanya.

Dijelaskan, selama ini kelembagaan petani di Muna hanya dengan konsep pendampingan. Olehnya itu, dengan adanya perusahaan bagi para petani, maka para petani akan mempekerjakan para sarjana sesuai keilmuannya.

“Petani akan menjadi bos dalam usahanya sendiri. Petani tersebut bukan perorangan tetapi  mereka akan berkolaborasi dalam memiliki perusahaan atau koperasi, sekaligus pemilik usaha, ” bebernya.

Ia menambahkan, saat ini di Kabupaten Muna telah memiliki tiga perusahaan dalam bentuk koperasi petani yakni Koperasi Sugi Patani Agro yang bergerak di bidang produsen jagung, kemudian produsen Sone Angka Kambangka Jaya yang bergerak di bidang produsen jagung dan alsin serta Koperasi Produsen Pai Wuna Indonesia yang bergerak di bidang beras.

“Nah tiga perusahaan ini akan berkolaborasi jadi satu perusahaan. Bagi para petani yang belum masuk dalam perusahaan akan menjadi suplayer, ” pungkasnya. (tri/r4)

Facebook Comments