Pemkot Kendari Pangkas Dana Kelurahan 2021

38

KENDARI, BKK- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan bakal membuat perubahan pada dana alokasi umum (DAU) tahun depan. Perubahan tersebut nantinya akan dialihkan untuk penanganan coronavirus disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Kebijakan ini sudah pasti berdampak terhadap daerah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari misalnya, terpaksa akan memangkas dana kelurahan yang berlaku untuk semua 67 kelurahan yang ada. Biasanya, tiap kelurahan diporsikan sebanyak Rp300 juta. Tahun depan mesti mengencangkan ikat pinggang.

Wali Kota Kendari H Sulkarnain menjelaskan, Kamis (19/11), pihaknya yang tengah fokus pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 membutuhkan banyak biaya.

Kendati tahun depan tak mendapat bantuan yang bersumber dari DAU, Sulkarnain meyakinkan, pihaknya akan memporsikan anggaran sebesar Rp100 juta per kelurahan dari APBD 2021 Kota Kendari.

“Jumlahnya tidak sebanyak sebelumnya, namun untuk menjaga keberlangsungan program di tingkat kelurahan maka kami mengatasinya dengan memporsikan dari APBD,” janji Sulkarnain.

Ia menyadari, jika porsi anggaran sedemikian itu tidak cukup untuk menjalankan beberapa program pembangunan di kelurahan.

Akan tetapi, lanjut dia, karena kondisi wilayah yang masih dilanda Covid-19 tentu keselamatan dan kesehatan masyarakat menjadi prioritas.

“Ini memang tidak cukup dari sebelumnya sekitar Rp300 jutaan. Tapi saya harap teman-teman di kelurahan tidak berkecil hati. Tetap semangat bekerja dan membangun wilayahnya,” dorong Wali Kota. (m1/iis)

Facebook Comments