Pemkab Muna Terima DID Rp 14 Miliar

45

RAHA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna mendapatkan kuncuran dana dari pemerintah pusat yang bersumber dari dana insentif daerah (DID) senilai Rp 14 miliar.

Dana tersebut didapatkannya setalah Pemkab Muna melakukan persentase di Kementrian Keungan Republik Indonesia (Kemenke RI) beberapa waktu lalu.

“DID Senilai Rp 14 miliar itu diberikan setelah kita lakukan persentase di Kemenkeu RI. Kita sampaikan bahwa meskipun dana kita dipotong untuk penanganan Covid-19, tatapi semua program pembangunan tetap berjalan, ” kata Kabag UKPBJ Muna, Syahrun pada koran ini kemarin.

Ia menambahkan, anggaran tersebut nantinya akan diperuntukkan untuk pembangunan dan perbaikan infrastruktur  jalan yang ada di Kabupaten Muna. Mulai dari perbaikan jalan di Desa Mantobua sebesar Rp 2 M, perbaikan jalan di Kecamatan Morobo sebesar Rp 500 juta, Kecamatan Napabalano Rp 500 juta, erbaikan jalan di Desa Nalapalakura sebesar Rp 500 juta, jalan lingkar Lohia Rp 500 juta, perbaikan jalan di Desa Ngonsume Rp 2 miliar.

selain itu, sambung dia, perbaikan jalan di Desa Tombula sebesar Rp 300 juta, Desa Dana Goa Rp 300 juta, Kodiri Rp 300 juta, lingkar Lahontoghe Rp 300 juta, Kontu Rp 300 juta, Matampangi Rp 300 juta, Kampung Lama Rp 2 miliar serta perbaikan jalan Kawite site sebesar Rp 700 juta, Wa ara-Masili Rp 1 miliar, Jalan Cakalang (lorong Sinar Las Laino Raha) Rp 1 miliar, Lamayo Rp 400 juta dan jalan di Desa Labunti-Bangun Sari sebesat Rp 1 miliar.

“Sebagian lagi untuk perbaikan dermaga Laino sebesar Rp 350 juta dan water front city sebesar Rp 650 juta. Untuk perbaikan jalan ada yang sifatnya penetrasi, ada yang pengaspalan menggunakan aspal RMA. Saat ini semua proyek infrastrukur ini yang sudah rampung ada yang sedang dikerjakan, ” jelas Syahrun ST.

Dirinya menjelaskan, ada beberapa akses jalan yang menjadi prioritas untuk diperbaiki.  Hal itu sesuai arahan BPK RI seperti jalan menuju pasar harus jadi perioritas untuk diperbaiki dan akses jalan menuju pasat Tampo dengan anggaran Rp 500 juta. (tri/r4)

Facebook Comments