KPU Mulai Persiapkan Logistik Pilkada di Tengah Covid-19

52
Ketua KPU Sultra saat mengecek kesiapan logistik Pilkada 2020 di Jember, Jawa Timur.

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di 7 Kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai mempersiapkan logistik pemungutan suara 9 Desember mendatang.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib, Rabu (18/11) memaparkan kebutuhan pegadaan logistik Pilkada 2020 melalui e-katalog seperti surat suara, kotak suara, bilik suara, tinta, segel, formulir model C plano, daftar pasangan calon, alat bantu coblos tuna netra, buku panduan KPPS, PPS, dan PPK serta kabel ties.

“Sementara sampul meliputi sampul surat suara, sampul surat suara sah, sampul surat suara tidak sah, sampul surat suara tidak digunakan, sampul surat suara rusak atau keliru coblos, sampul A.3, A.4, A.Tb, daftar hadir, dan pemberitahuan,” rinci Natsir.

Natsir meminta kepada KPU di 7 kabupaten untuk menyusun perencanaan pendistribusian perlengkapan pemungutan suara dan pendistribusian hasil penghitungan suara Pilkada 2020 dengan efektif. Mengingat jangkauan wilayah dan kondisi geografis di wilayah pilkada belum semuanya dapat ditempuh dengan alat transportasi yang memadai, serta minimnya fasilitas sarana dan prasarana jalan.

“Prinsip pendistribusian logistik juga harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Logistik harus didistribusikan tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat kualitas, dan efisien. Serta yang terpenting, keselamatan dan kesehatan, dengan berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian coronavirus disease 2019 (Covid-19),” pungkasnya.

Adapun 7 Kabupaten yang menggelar Pilkada di Sultra, diantaranya Kabupaten Muna, Wakatobi, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, dan Buton Utara.(p5/nir)

Facebook Comments