KPU Konut Gelar Rekam KTP-el Pilkada 2020

39
Perekaman KTP-el bagi pemilih Lanjut Usia di Desa Padalere Utama, Kecamatan Wiwirano.

WANGGUDU, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Utara (Konut) menggelar gerakan mendukung rekam kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Kegiatan ini dilakukan secara serentak bersama dengan KPU lainnya di tujuh daerah di Sultra yang akan menggelar pelaksanaan pesta demokrasi pada 9 Desember mendatang, Kamis (19/11).

Hal ini dilakukan untuk menyempurnakan penyusunan daftar pemilih tetap (DPT) secara terbuka, akuntabel dan partisipatif sebagaimana yang dituangkan dalam surat KPU RI Nomor 1017.

Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Konut, Yusdiana mengaku pihaknya telah melakukan berbagai langkah-langkah maupun upaya agar pemilih yang telah terdaftar dalam DPT namun belum  merekam KTP EL agar segera melakukan perekaman.

“Upaya kami diantaranya berkoordinasi dengan dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Konawe Utara. Kami juga mengadvokasi dan mengedukasi langsung pemilih betapa pentingnya memiliki KTP elektronik sebagai salah satu  dokumen kependudukan,” tutur Yusdiana.

Dia menambahkan bedrdasarkan hasil koordinasi, Dinas Dukcapil kemudian melakukan perekaman secara mobile dengan turun langsung ke kecamatan dan menjemput langsung pemilih. Sementara wujud advokasi yang dilakukan KPU terhadap pemilih belum merekam diantaranya dengan himbauan berupa ajakan agar segera melakukan perekaman, menyampaikan surat secara langsung kepada pemilih hingga mengantar jemput pemilih yang terkendala transportasi.

“Alhamdulillah apa yang kami lakukan kelihatan hasilnya. Hari ini sisa 375 pemilih yang belum melakukan perekaman dari 1367 pemilih. Semuanya masih berada di luar Konut dengan berbagai aktifitas. Ada yang lagi kuliah dan  juga bekerja,” pungkasnya. (vel/r4)

Facebook Comments