Honor RT/RW Naik Jadi Rp500 Ribu per Bulan

24
H Sulkarnain. (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK- Di tengah kabar buruk mengenai rencana pemangkasan dana kelurahan, Pemerintah Kota Kendari menaikkan honor kepala rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) dari semula Rp400 ribu menjadi Rp500 ribu.

Wali Kota Kendari H Sulkarnain mengatakan, Kamis (19/11), kebijakan ini mulai berlaku tahun depan.

“Kenaikan honor ini adalah bentuk komitmen pemkot untuk memberikan perhatian agar mereka jauh lebih semangat, jauh lebih optimal, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat” kata Sulkarnain.

Menurut dia, risiko pekerjaan para RT/RW cukup tinggi, apalagi bekerja di tengah pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19)/.

“Semua itu menjadi alasan pemerintah menaikan insentif para pelayan masyarakat itu,” sebut Wali Kota.

Selain menaikkan honor, Sulkarnain juga meminta para kepala kelurahan agar mendata seluruh RT/RW di lingkungannya masing-masing untuk kemudian didaftarkan sebagai peserta BPJamsostek.

“Dalam membantu pemerintah melayani masyarakat, tak jarang dari mereka ada yang terkena musibah, bahkan ada yang sampai meninggal dunia. Tentunya ini kita hanya bisa antisipasi lewat program BPJamsostek. Bantuan ini setidaknya bisa memberi jaminan kepada mereka yang mengabdi, bekerja bersungguh untuk daerah ini,” alas Sulkarnain.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini ingin seluruh RT/RW yang jumlahnya kurang lebih 1.345 orang bisa mendapatkan jaminan.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, RT/RW yang merupakan relawan Covid-19 ada yang meninggal dunia dalam melaksanakan tugasnya.

“Yang meninggal dapat santunan. Ahli warisnya dapat Rp42 juta, bukannya minta-minta, akan tetapi jaminan perlindungan itu penting. Saya sudah instruksikan seluruh lurah dan dinas kesehtaan (dinkes) untuk mengikutsertakan RT/RW kedalam BPJamsostek,” katanya. (m1/iis)

Facebook Comments