FTI USN Selenggarakan Webinar, Undang Pelaku Industri

42
Dekan FTI Qamaddin saat berbicara di
di webinar.

 

 

 

KOLAKA, BKK – Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN Kolaka) baru-baru ini menyelenggarakan tiga webinar. Ketiganya dilaksanakan dengan menghadirkan pelaku industri dan dosen FTI USN Kolaka sebagai pembicara.

Dekan Fakultas Teknologi Informasi Qammaddin mengatakan webinar pertama, guest lecture fundamental design. Webinar ini dilaksanakan Senin, 16 November 2020. Dengan pemateri, Chief Operating Officer PT Mall Sampah Indonesia, Hasrul Hasra. Kegiatan ini diikuti 303 orang mahasiswa FTI USN Kolaka.

Dalam kegiatan ini membahas tentang dasar-dasar dalam mempelajari desain grafis di dunia kerja salah satunya teknik pewarnaan menggunakan roda warna. Qammaddin menekankan pentingnya desain grafis di dalam mengembangkan sebuah produk atau sistem yang dibuat.

“Sebaik apa pun sistem yang dibuat, bila tampilan kurang menarik, maka tidak akan ada yang menggunakan sistem (aplikasi) tersebut,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Senin (23/11).

Qammaddin mengatakan, ketika ingin menyebarkan sebuah informasi dalam bentuk gambar, bagaimana caranya agar informasi yang disebar melalui gambar/poster/e-flyer, dan lain-lain bisa lebih komunikatif dan menarik.

“Kegiatan ini merupakan kuliah tamu khusus untuk mahasiswa-mahasiswi FTI USN Kolaka,” tambahnya.

Webinar berikutnya adalah arduino and embedded system digelar pada Selasa, 17 November 2020 dengan pemateri pertama, La Ode Hasnuddin S. Sagala membahas basic arduino and its applications dan pemateri kedua, Nur Fajriah Muchlis memaparkan robotics in education.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta 514 mahasiswa maupun praktisi seluruh Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, membahas tentang dasar-dasar menggunakan arduino dan penggunaan software simulasi.

Ia menjelaskan era industri 4.0 mendorong masyarakat agar lebih produktif pada setiap aktivitas tak terkecuali di dunia pendidikan. Kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin meningkat mendorong para akademisi di lingkup kampus untuk membuat robot-robot yang lebih memudahkan pekerjaan diberbagai jenis pekerjaan.

“Karena dengan mengenal ilmu robotika sejak dini, berarti kita telah membekali diri untuk masa depan yang lebih baik di era millenial,” jelas dekan termuda USN Kolaka ini.

Selanjutnya, webinar ketiga yang tak kalah menarik adalah webinar pengolahan citra digital dengan tema belajar pengolahan citra digital untuk apa ? Kegiatan yang diikuti oleh 458 orang ini, diselenggarakan secara virtual pada Kamis, 19 November 2020.

Adapun, pemateri dalam kegiatan tersebut yakni, Jayanti Yusmah Sari membahas konsep pengolahan citra digital dan aplikasinya untuk sistem biometrika. Sedangkan pemateri kedua, Yuwanda Purnamasari Pasrun membahas pengolahan citra digital untuk bidang medis.

Dan pemateri ketiga, Mutmainnah Muchtar membahas aplikasi pengolahan citra digital untuk klasifikasi daun. Pengolahan citra digital merupakan proses mengolah piksel-piksel di dalam citra digital untuk mengambil informasi dari suatu citra.(m5)

Facebook Comments