DPRD Konsel Tetapkan APBD Perubahan  2020

19
Suasana penetapan APBD Perubahan 2020.

ANDOOLO, BKK – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Selatan (Konsel) menggelar Rapat Paripurna dengan Agenda “Penetapan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan 2020 menjadi Peraturan Daerah (Perda) yang diawali dengan penyampaian Pandangan Akhir Fraksi-Fraksi DPRD terhadap RAPBD Perubahan Anggaran 2020.

Dalam rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, didampingi Wakil Ketua I Armal, dan dihadiri 19 Anggota DPRD Konsel dari 35 anggota yang juga dihadiri Plt Bupati Konsel, Arsalim Arifin serta turut hadir Sekab Konsel, Sjarif Sajang bersama Kepala OPD lingkup Pemkab Konsel di Aula DPRD Konsel, Rabu (18/11).

Ketua Fraksi Gerindra Hasmawati mewakili 8 Fraksi menyampaikan Pandangan Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap Anggaran RAPBD) Perubahan Tahun Anggaran 2020. Kata dia, APBD merupakan pencerminan pelaksanaan pembangunan daerah dalam pengembangan akuntabilitas dan kapabilitas pemerintahan.

“Serta mengenai keterpihakan terhadap masyarakat lemah dan dapat mempengaruhi kebijakan yang nantinya akan diterapkan pada suatu daerah, baik pada bidang perencanaan dan penganggaran maupun dalam bidang partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Untuk melaksanakan fungsi Anggaran DPRD, kata dia, harus melakukan pembahasan dan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD). Serta merupakan suatu rancangan perda yang bersifat strategis, karena menyangkut hajat hidup masyarakat kabupaten Konsel.

“Selain itu APBD juga merupakan salah satu instrumen kebijakan yang dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan hidup masyarakat,” katanya.

Maka, kata dia, Pemkab Konsel wajib melakukan langkah-langkah efisiensi, rekstrukturisasi serta rasionalisasi belanja yang signifikan. Namun tidak melampaui batas defisit yang diperkenankan pada APBD Tahun Anggaran 2020 sebesar 0,25 %.

“Hal ini bertujuan agar kesepahaman yang telah disepakati bersama bersifat transparan dan akuntabel kepada publik atau masyarakat luas melalui lembaga DPRD Konsel,” tutupnya.

Sementara itu Plt Bupati konsel, H Arsalim Arifin mengungkapkan salah satu keputusan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan telah ditetapkan hari ini.

“Peraturan daerah tentang APBD Konsel Tahun Anggaran 2020, setelah melalui rangkaian pembahasan dan tercapai kesepakatan-kesepakatan antara pemerintah daerah dan DPRD, kemudian dilanjutkan kepada Gubernur Sultra untuk dievaluasi,” jelasnya. (r2/r4)

Facebook Comments