Dosen FIB UHO Edukasi Mahasiswa Terkait Penggunaan Rempah Cegah Covid-19

47
Foto bersama seusai pelaksanaan edukasi kepada mahasiswa.

KENDARI, BKK – 4 Dosen dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Halu Oleo (UHO), mengedukasi mahasiswa terkait penggunaan rempah-rempah tradisional dalam mencegah Coronavirus disease 2019 (Covid-19) lewat Program Kemitraan Masyarakat Internal UHO (PKMI-UHO).

Adalah Dr Lilik Rita Lindayani SPd MPd (ketua), Irma Magara SPd MSi, Nurmin Suryati SS, M Hum, dan La Ode Hermin S Sos M Sos.

Dengan tema “Aksi Peningkatan Imun Melalui Literasi Resep-Resep Tradisional sebagai Upaya Pencegahan Dini Covid-19 dengan Melibatkan Lembaga Narasi Toleransi Kendari dan Lembaga Pers Kemahasiswaan Katharsis”.

Ketua Tim PKMI-UHO Dr Lilik Lindayani mengatakan, PKMI-UHO ini di pusatkan di FIB dan menyasar mahasiswa. Disitu tim bersama mitra melakukan edukasi dan sosialisasi, terkait pentingnya menjaga kesehatan sebagai bentuk pertahanan awal dari serangan Covid-19.

Ia menjelaskan, imun tubuh dapat ditingkatkan melalui remah-rempah tradisional yang ada di sekitar dan mudah didapat. Yakni, temulawak, jahe, kencur, daun miyana, dan minyak kayu putih.

“Orangtua dahulu kalau mengolah rempah-rempah langsung jadikan resep obat untuk menyehatkan badan, agar tidak mudah diserang penyakit. Resep tradisional ini bisa digunakan di masa pandemi Covid-19 yang kian merajalela,” ujarnya, Kamis (19/11).

Ia menuturkan, cara yang paling mudah agar terhindar dari Covid-19, dengan menambah kekebalan tubuh atau imun, salah satu cara dengan meminum ramuan-ramuan herbal tersebut.

“Kita sengaja melibatkan lembaga Narasi Toleransi Kendari dan Lembaga Pers Kemahasiswaan Katharsis sebagai mitra. Dengan harapan, mereka (mitra) dapat menjadi agen yang dapat menyampaikan materi literasi resep-resep tradisional ini kepada mahasiswa, masyarakat, dan pemuda-pemudi dengan cara yang lebih persuasif dan kekinian, salah satunya dengan leaflet,” pungkasnya. (r1/nir)

Facebook Comments