Dikbud Provinsi Dorong Pelestarian Budaya

29

KENDARI, BKK – Museum Sulawesi Tenggara (Sultra) tercatat memiliki sebanyak 5.300 koleksi. Oleh karenanya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra), terus mendorong pelestarian budaya bukan saja kepada para pelajar tetapi juga masyarakat luas.

Kepala Dikbud Sultra Asrun Lio mengatakan, berkait hal tersebut, instansinya memiliki 2 bidang khusus yang menangani itu, dimana satu bidang kebudayaan dan satunya lagi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

“Jadi, di UPTD Museum dan taman budaya berkaitan dengan kegiatan praktisnya. Dimana selalu membuat pagelaran terkait lomba pelestarian budaya, dan ini rutin dilakukan,” ujarnya, Minggu (22/11).

Sementara, tambah dia, untuk di bidang kebudayaan pihaknya melakukan kajian-kajian terhadap pelestarian budaya.

“Jadi, kita ada 2 bidang kebudayaan yang melakukan kajian-kajian terhadap pengembangan atau kemajuan kebudayaan. Misalnya, melalui pendataan benda-benda yang menjadi cagar budaya. Sampai hari ini (kemarin, red), kita masih terus melakukan kajian-kajian itu,” paparnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan, terkait pelestarian budaya lokal Sultra, pihaknya tetap melakukan imbauan yang bukan saja untuk para generasi muda saja, akan tetapi dilakukan juga masyarakat luas.

“Yakni dengan bagaimana menumbuhkan kecintaan mereka, melalui pertunjukan-pertunjukan dengan membuat event. Sehingga, mereka lebih berminat mempelajari budayanya yang nantinya akan menjadi kebanggan,” tuntasnya. (m3/nir)

Facebook Comments