Debat Publik Pilkada Konsel Digelar 28 November

628
Aliudin.

ANDOOLO, BKK- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menjadwalkan debat publik pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Konsel digelar 28 November.

Ketua KPU Konsel Aliudin melalui sambungan telepon menjelaskan, Senin (9/11), pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan bersama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Polres, LO (liaison officer) masing-masing paslon, dan pihak lainnya.

“Dalam rakor tersebut kami telah menyepakati bahwa kegiatan debat publik KPU akan digelar 28 November sekitar pukul 07.30 Wita, bertempat di Hotel Wonua Monapa Kecamatan Ranomeeto,” ujarnya.

Dalam debat tersebut, pihaknya akan menggunakan media lokal, yakni TVRI Sultra dan Konsel TV.

“Kenapa kami menggunakan TV lokal, karena tidak besar anggarannya dan disiarkan secara live,” terangnya.

Pilkada Konsel diikuti 3 paslon, yaitu paslon nomor urut 1 Rusmin Abd Gani-Senawan Silondae, nomor urut 2 Surunuddin Dangga-Rasyid, nomor urut 3 Muh Endang-Wahyu Ade Pratama Imran.

Sebelumnya, Komisi pemilihan umum (KPU) di 5 kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menetapkan jadwal debat kandidat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020. Sementara 2 kabupaten lainnya, yakni Konsel dan Konawe Utara (Konut) masih akan melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan tim kampanye pasangan calon (paslon) terkait.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib menuturkan, Senin (2/10), debat kandidat hanya akan digelar 1 kali di masing-masing daerah, karena keterbatasan anggaran.

Debat kandidat perdana akan digelar pada 5 November menampilkan paslon Pilkada Kabupaten Muna, Konawe Kepulauan (Konkep) 13 November, Kolaka Timur (Koltim) 16 November, Buton Utara (Butur) 17 November, dan Wakatobi 22 November.

“Sementara Konawe Selatan (Konsel) masih akan rakor pada 5 November dan Konawe Utara (Konut) juga akan dilakukan rakor terlebih dahulu pada 3 Desember,” ujar Natsir pekan lalu. (r2-p5/iis)

Facebook Comments