4 Pelaku Cabul di Busel Menyerahkan Diri, 1 Masih Buron

41
Ilustrasi

KENDARI, BKK- 4 Empat dari 5 tersangka pelaku pencabulan anak di bawah umur yang terjadi di Desa Lapandewa Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan (Busel) menyerahkan ke polisi, Kamis (12/11) sekitar  pukul 23.30 Wita. Adalah SD, LA, SA, dan LA; 1 tersangka lainnya masih buron.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Buton Ajun Komisaris Polisi (AKP) Dedy Hartoyo mengurai, kejadian pencabulan terjadi pada 4 Desember 2019 lalu. Korbannya adalah seorang gadis berumur 15 tahun.

“Korban bersama keluarganya melapor ke Polres pada 24 Oktober 2020. Dari laporan itu, kami lakukan pengejaran terhadap para pelaku, 4 orang tersangka telah diamankan di Polres,” ujar Dedy melalui pesan WhatsApp, Sabtu (14/11).

Diungkapkan, sejak dilaporkan, para pelaku melarikan diri ke bukit dan gua di Desa Tira Kecamatan Sampolawa Kabupaten Busel.

Dedy nengungkapkan, belakangan video aksi bejat para pelaku tersebar di media sosial (medsos).

“Para pelaku mengakui perbuatannya. Para pelaku juga mengancam korban akan menyebarkan video tersebut jika melapor ke polisi,” katanya.

Lebih lanjut, Dedy mengungkapkan, para pelaku dijerat Pasal 81 ayat (1) atau ayat (2) jo Pasal 76D dan Pasal 82 ayat (1) jo Pasal 76E Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman pdana 15 tahun penjara. (m2/man)

Facebook Comments