14 Mahasiswa Keperawatan USN Kolaka Siap Aplikasikan Ilmunya di Masyarakat

67
Sebanyak 14 mahasiswa Prodi Keperawatan USN (baju putih) saat mengikuti Capping Day.

KENDARI, BKK – Sebanyak 14 mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka siap terjun mengaplikasikan ilmu keperawatannya di masyarakat.

Menyusul pengucapan janji pada capping day yang berlangsung di Auditorium USN Kolaka, Selasa (24/11). Seluruh mahasiswa keperawatan berikrar dan menandatangani surat bukti pengucapan janji kepaniteraan.

Ketua Program Studi Keperawatan, Rosani Naim mengatakan, pelaksanaan capping day (pemasangan cap atau topi perawat kepada mahasiswa keperawatan), menjadi simbol bahwa mereka telah siap mengaplikasikan ilmu yang telah diterima secara teoritis pada praktik lapangan seperti rumah sakit dan puskesmas.

“Capping day ini kegiatan yang wajib diikuti setiap mahasiswa program studi keperawatan sebelum terjun ke lapangan memberikan pelayanan keperawatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Rosani menjelaskan, sesuai dengan janji yang mereka ucapkan saat memberikan pelayanan, mahasiswa tidak akan membeda-bedakan pasien. Ketika terjun di lapangan nantinya, mereka bisa benar-benar berpraktik dengan menjunjung tinggi etika dan tanggung jawab profesi.

Ia menambahkan, lama waktu pelaksanaan praktik lapangan ini bergantung pada jumlah mata kuliah dan sistem kredit semester mahasiswa. Jelasnya, dalam kurikulum program studi keperawatan 70 persen praktik dan 30 persen teori.

“Capping day ini cuma satu kali saja untuk seluruh praktik yang dilakukan mahasiswa selama berkuliah pada program studi D-III keperawatan,” tambahnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kolaka, Hasimin berpesan kepada mahasiswa agar berpegang pada nilai-nilai keperawatan saat melakukan praktik lapangan.

Menurut dia, calon perawat harus menunjukkan perilaku (attitude) dan penampilan (performance) yang baik saat berhadapan langsung dengan pasien. Tak hanya itu, mereka juga mesti mengembangkan diri di tengah perkembangan teknologi saat ini.

“Saat berbicara kepada pasien dilakukan dengan santun. Selalu senyum. Sekalipun tampang kita biasa-biasa saja, tapi kalau kita lakukan dengan baik maka pasien akan memberikan penghargaan kepada kita,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan USN, Ahmad Lamo Said menambahkan, agar mahasiswa keperawatan menjaga nama baik almamater USN Kolaka saat melakukan praktik lapangan di rumah sakit dan puskesmas.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPNI Sultra, Herianto, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Rina Rembah, dan beberapa pejabat serta dosen lingkup USN Kolaka. (m5)

Facebook Comments