Waspada Penipuan Mencatut Gebyar 10 Milyar Aqua

2.482

KENDARI,  BKK- Waspada penipuan mencatut Gebyar 10 Milyar Aqua: Borong Aqua-nya, Dapetin Hadiahnya.

Baru-baru ini sejumlah warga Kota Kendari terutama yang punya kios atau toko kelontong saat bangun pagi menemukan paket di depan pintu kios mereka.

Paket berisi surat rekomendasi pemenang Gebyar 10 Milyar Aqua dari PT Tirta Investama, lengkap dengan kupon pemenang dan kode unik pemenang serta contact person layanan pemenang untuk mengambil hadiah berupa 1 unit Mitsubishi Expander.

Dalam surat rekomendasi pemenang ada logo OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dilampirkan juga surat izin dari kepolisian, dalam hal ini Polda Metro Jaya.

Pejabat OJK Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dikonfirmasi soal ini langsung mengeluarkan imbauan kepada pelaku usaha agar mewaspadai terhadap adanya undian berhadiah dengan mengatasnamakan nama dan logo OJK.

Kepala bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sultra Ridhony Hasudungan Hutasoit berujar, PT Tirta Investama (Danone Aqua) bukan di bawah pengawasan OJK. Perusahaan tersebut yang jualan air minum dan itu seperti undian berhadiah pembelian Aqua.

“Jadi kurang tepat, kalau ada logo OJK dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada brosur atau lembaran yang dibagikan pada pelaku usaha,” ujarnya saat ditemui di kantornya, pekan lalu.

Kata dia, kasus penyebaran brosur atas nama OJK dan LPS  bisa jadi penipuan berarti, karena perusahaan tersebut memang tidak terdaftar dalam pengawasan OJK.

“Saya gak tahu niat mereka pakai logo OJK atau LPS. Sebaiknya tidak pakai logo kami,” ucapnya.

Dia menuturkan, terkait undian berhadiah yang diedarkan melalui selebaran di toko atau kios, atas nama logo OJK, pihaknya mengimbau agar pelaku usaha dan konsumen untuk tidak tergiur dengan hadiah yang mengatasnamakan OJK.

“Saran kami, tidak perlu mencantumkan logo OJK kalau tidak berhubungan dengan legalitas pada produk atau jasa sektor keuangan,” tutupnya. (m4/iis)

Facebook Comments