-IKLAN-

UHO Permudah Izin Belajar bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan

34
Prof Zamrun F.

KENDARI, BKK – Universitas Halu Oleo (UHO) terus mendorong dan mempermudah tenaga pendidik dan kependidikan, untuk memperoleh izin mengikuti seleksi mendapatkan beasiswa lanjut studi maupun program dosen magang.

Rektor UHO Prof Muh Zamrun mengatakan, bagi dosen yang melanjutkan studi dengan izin belajar, mereka (dosen) dapat diberikan bantuan studi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dia harap, dengan kebijakan tersebut, jumlah dosen dan tenaga kependidikan yang ada di UHO semakin meningkat kualifikasi pendidikan akademiknya.

Terlebih lagi, sebut dia, saat ini jumlah Dosen UHO sampai Agustus 2020 sebanyak 1.523 orang, yang terdiri atas 1.132 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 391 orang Non-PNS.

“Peningkatan jumlah dosen kerkualifikasi Doktor (S3) diharapkan dapat mendorong peningkatkan jabatan akademik dosen,” ujarnya, Selasa (20/10).

Bahkan, sambung dia, jabatan akademik dosen dari 2019 ke 2020 juga mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut, kata dia, terjadi hampir pada setiap jenjang. Untuk Guru besar dari 78 orang menjadi 83 orang di 2020.

“Peningkatan kualifikasi dosen dapat dilihat dari semakin berkurangnya jumlah dosen yang berpendidikan sarjana (S1) dan magister (S2) atau spesialis, dan sebaliknya semakin banyaknya jumlah dosen yang kerkualifikasi S3,” ucapnya.

Diketahui, jumlah tenaga kependidikan UHO per Juli 2020 sebanyak 943 orang, dengan sebaran PNS 439 orang, dan Pegawai Harian Tetap (PHT) 504 orang.

Secara kuantitas, ucap dia, jumlah Tenaga Kependidikan yang ada di UHO berdasarkan jenjang atau kualifikasi pendidikan dapat dikategorikan memadai. Jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa sekitar 37.600.

“Maka rasio tenaga kependidikan dan mahasiswa 1 banding 40, ini kategori sangat baik. Alhamdulillah dengan jumlah dosen dan tenaga kependidikan kita yang memadai, telah memberikan layanan akademik kepada seluruh mahasiswa UHO,” pungkasnya. (r1/nir)

Facebook Comments