-IKLAN-

SPAM Kontunaga Segera Difungsikan

317
Masyarakat saat menggunakan SPAM yang ada di Kecamatan Kontunaga

RAHA, BKK – Sistem penyedia air minum (SPAM) yang ada di Kecamatan Kontunaga, Kabupaten Muna bakal segera difungsikan setelah dilakukan uji coba dengan menggunakan air yang bersumber dari jompi mengalir deras.

“Alhamdulilah, SPAM Kontunaga ini sudah diuji coba dan air sudah mengalir. SPAM ini mampu melayani sekitar 3.000 sambungan kerumah-rumah warga,” kata Camat Kontunaga, Andi April, Rabu (7/10).

Ia menjelaskan, proyek pekerjaan SPAM Kontunaga ini menelan anggaran sebesar Rp 24,5 miliar dengan kapasitas 20 liter perdetik yang mampu melayani sekitar 2.000- 3.000, sambungan rumah. SPAM ini akan diserahkan dari Balai Pemukiman Wilayah Sultra ke Pemkab Muna bulan Oktober ini.

” Uji coba SPAM ini sudah dua kali dilakukan. Uji coba 3 hari yang lalu sudah sampai pada titik kran yang telah disiapkan,” tambah Camat Kontunaga  ini.

Ia mengatakan, sejak tahun 1987 sampai sekarang, wilayah Kontunaga sudah 4 kali mendapat alokasi dana untuk pengadaan sarana air bersih. Pada 1987(masa pemerintahan Maola Daud)sempat berfungsi tapi hanya setahun.

“Untuk uji coba kran air hanya dipasang 16 titik sepanjang Kondongia-Liabalano dan Bungi,” tambahnya.

Dengan mengalirnya air tersebut, membuat masyarakat sangat senang. Pasalnya, sejak tahun 1987 masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih. Program air bersih itupun kerap menjadi jualan politik para calon kepala daerah. Namun baru terealisasi di saat Bupati Muna dijabat LM Rusman Emba.

“Kami masyarakat Kontunaga mengucapkan terimakasih kepada Pak Ir Ridwan Bae, Wakil Ketua Komisi V DPR RI yang telah memperjuangkan program ini dipusat. Khusus kepada Bupati Muna LM Rusman Emba ST, kami.juga mengucapkan terimakasih .Air bersih diwilayah kami ahirnya terealisasi diera kepemimpinan Pak Rusman,” pungkasnya. (tri/r4)

Facebook Comments