-IKLAN-

PT Jholin Gagas Perkebunan Tebu Rakyat

90
Bupati Bombana, H Tafdil saat menandatangani kerjasama

RUMBIA, BKK – PT Jhonlin Batu Mandiri (JBM) menggagas kerjasama dengan para petani tebu untuk pembangunan kebun tebu rakyat.

Itu dilakukan saat pertemuan dengan pihak Bank, koperasi, sejumlah petani tebu yang memiliki lahan dan PT JBM yang dimediasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, Rabu (14/10) kemarin.

Direktur PT JBM, Kusdi Sastro Kidjan mengatakan pihaknya membutuhkan sekitar 4 ribu hektar lahan untuk bermitra dengan para petani. Dengan kriteria, lahannya subur, punya air hingga akses jalan masuk.

“Petani dapat jatah perbulan untuk biaya hidup sekitar satu hingga satu juta setengah. Nominal Itu nanti diatur dalam kesepakatan antara pihak bank dengan petani. Sementara pertahunnya, akan dapat sekitar 64 juta dikurangi dengan biaya pembuatan kebun. Itulah hasil yang bakal didapat petani,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bombana, H Tafdil mengatakan hadirnya investasi ini sebagai kiat membangun kesejahteraan masyarakat Bombana melalui pertanian tebu rakyat, dengan pola kemitraan koperasi.

“Mari manfaatkan investasi ini. Mari kita jaga bersama agar terus langgeng, sebab ini akan memberi nilai ekonomi bagi rakyat.  Lahan yang sebelumnya tidur, kini sudah bisa menghasilkan pendapatan,” ujarnya.

Bupati Bombana dua periode ini meambahkan, selain membuka plasma kemitraan bersama para petani, investasi PT Jhonlin telah menyedot para tenaga kerja yang berasal dari masyarakat Bombana.

“Kedepan putaran ekonomi kita akan tumbuh pesat. Para pelaku usaha mikro akan bergairah. Bayangkan ribuan gaji karyawan disana itu akan berputar disekitar Bombana. Mereka akan belanja disekitar kita.  Inilah salah satu harapan pemerintah menerima investasi seperti PT. Jhonlin ini,” tandasnya. (r4)

Facebook Comments