Paslon Diminta Ingatkan Pendukungnya Tak Saling Hujat di Medsos

33
La Ode Abdul Natsir Muthalib. (FOTO: AINI/BKK)

KENDARI, BKK – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta 18 pasangan calon (paslon) yang berlaga di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 7 Kabupaten di Sultra untuk mengingatkan pendukungnya, agar tidak saling hujat di media sosial (medsos).

Selama berlangsungnya masa kampanye dalam 26 hari terakhir, banyak dari pendukung paslon yang saling menjatuhkan rival paslon yang didukungnya, ketimbang turut menyebarluaskan visi misi serta program paslon.

“Paslon perlu mengedukasi pendukungnya untuk tidak saling menjatuhkan salah satu paslon sehingga menyulut esmosi pendukung lainnya,” ujar Natsir, Kamis (22/10).

Pihaknya mengetahui, bahwa konflik politik di medsos antar pendukung sering terjadi dalam setiap pemilihan kepala daerah. Olehnya, pentingnya kesadaran bagi setiap pihak untuk menciptakan tensi politik yang kondusif dalam berkampanye.

“Pendukung paslon, utamanya LO paslon, seharusnya memamerkan gagasan dan program cemerlang paslon yang didukungnya. Tentu dengan menggunakan bahasa yang santun dan tanpa memojokkan satu sama lain. Utamakan pentingnya memberi pemahaman baru yang rasional atas keadaan daerah masing-masing,” pungkasnya.

Untuk diketahui, 7 kabupaten yang akan menggelar pilkada 2020 diantaranya Muna, Konawe Selatan (Konsel), Wakatobi, Konawe Utara (Konut), Buton Utara (Butur), Kolaka Timur (Koltim), dan Konawe Kepulauan (Konkep). (p5/nir)

Facebook Comments