KPPS di 7 Kabupaten Pilkada Wajib Rapid Test Sebelum Bertugas

41
La Ode Abdul Natsir Muthalib. (FOTO: AINI/BKK)

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan, bahwa Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) akan menjalani rapid test sebelum bertugas pada hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib menuturkan, pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) dan gugus tugas se tempat dalam hal fasilitasi pemeriksaan rapid test kepada KPPS.

“Ini sebagai salah satu ikhtiar kita untuk memastikan bahwa pemilih pada saat ke TPS (Tempat Pemungutan Suara), terhidar dari hal-hal yang sifatnya bisa tertular Covid-19,” ujar Natsir, Minggu (25/10).

Sebelumnya, Natsir juga mengungkapkan bahwa anggota Badan Adhoc yang lebih dulu bertugas seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga menjalani rapid test sebelum bertugas.

“Jadi prinsipnya, KPU di Kabupaten menyurati pemda setempat, karena KPPS ini yang bakal dirapid dalam jumlah besar. Sekitar 14.609 orang. Karena 7 orang per-TPS, dan ada 2087 TPS yang akan dibuka di Pilkada 2020 ini,” jelasnya.

Pilkada 2020 di Bumi Anoa berlangsung di 7 Kabupaten. Diantaranya, Muna, Konawe Selatan (Konsel), Wakatobi, Konawe Utara (Konut), Buton Utara (Butur), Kolaka Timur (Koltim), dan Konawe Kepulauan (Konkep). Dari 7 daerah itu, setidaknya ada 18 pasangan calon (paslon) yang tengah bertarung menarik simpati masyarakat. (p5/nir)

Facebook Comments