Ketua KPU Ajak Masyarakat Salurkan Hak Pilih di Pilkada 2020

28
La Ode Abdul Natsir Muthalib. (FOTO: AINI/BKK)

KENDARI, BKK – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Abdul Natsir Muthalib mengajak masyarakat di 7 kabupaten yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk menyalurkan hak pilihnya pada pemungutan suara 9 Desember 2020 mendatang.

Pihaknya bakal senantiasa mengusahakan agar tempat pemungutan suara (TPS) nantinya jauh dari penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Pria yang akrab disapa Ojo itu menjelaskan, bahwa petugas TPS nantinya akan melakukan serangkaian protokol kesehatan. Dengan memastikan petugas maupun pemilih menggunakan masker, pemilih diwajibkan mencuci tangan sebelum masuk ke area TPS, dan  suhu pemilih bakal diukur terlebih dahulu menggunakan thermo gun.

“Jadi, datanglah ke TPS saat hari pencoblosan 9 Desember 2020 nanti. Kita buat TPS lebih sehat sehingga nanti bukan media penularan atau klaster pilkada. Tetapi, kedaulatan pemilih yang kita jaga di alam demokrasi ini,” ujar Ojo, Selasa (20/10).

Olehnya, Ojo berharap nantinya para pemilih di 7 kabupaten pilkada dapat langsung mengeksekusi pilihannya secara langsung. Karena harapannya, kata Ojo, pemimpin yang lahir dari pilihan rakyat bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat yang ada di daerah itu sendiri.

“Dan bagi KPU sebagai penyelenggara, salah satu ukuran keberhasilan dalam menyelenggarakan pemilihan ini ada di tingkat partisipasi. Jadi kita harapkan partisipasi pemilih itu lebih stabil bahkan lebih meningkat dari waktu ke waktu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, 7 kabupaten yang akan menggelar pilkada 2020 diantaranya Muna, Konawe Selatan (Konsel), Wakatobi, Konawe Utara (Konut), Buton Utara (Butur), Kolaka Timur (Koltim), dan Konawe Kepulauan (Konkep). (p5/nir)

Facebook Comments