Kendalikan Pertumbuhan Penduduk, Pemkot Kampanyekan Salam Genre

16
Foto bersama Disdalduk dan guru-guru saat mengkampanyekan salam genre, Kamis (22/10). (FOTO: MITA/BKK).

KENDARI, BKK – Kendalikan pertumbuhan penduduk, Pemerintah Kota (Pemkot) kampanyekan salam gendre (generasi berencana).

Yakni, dengan mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk tidak menikah usia dini, tidak melakukan seks pranikah, serta menghindari narkotika dan psikotropika (napsa).

Kegiatan tersebut dilakukan di 12 sekolah, baik sekolah menengah pertama (SMP) hingga sekolah menengah atas di Kota Kendari.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk (Disdalduk) dan KB Kota Kendari Hj Hasria, Kamis (22/10) mengatakan, saat ini pihaknya telah menyambangi 9 dari 12 sekolah yang ditargetkan. Yakni  SMPN 2 Kendari, SMPN 8 Kendari, SMAN 1 Kendari, SMPN 5 Kendari, SMAN 10 Kendari, SMKN 1 Kendari, SMAN 11 Kendari, SMPN 16 Kendari, dan SMPN 11 Kendari.

“Antusias siswa dan guru-guru sangat baik. Hal ini penting agar siswa tahu soal dampak pernikahan usia dini. Jadi, mereka (siswa/siswi) kita edukasi sejak dini soal itu. Kami serukan mereka agar mengatakan tidak pada pernikahan dini, seks bebas, dan narkoba,” kata Hasria.

Sementara, Wali Kota Kendari H Sulkarnain mengapresiasi pelaksanaan kampanye salam genre yang  dilaksanakan dibeberapa sekolah di Kendari.

Menurutnya, hal tersebut dapat memberikan edukasi dini kepada masyarakat, khususnya para siswa untuk bagaimana merencanakan kehidupan yang lebih baik.

“Mereka adalah generasi penerus bangsa. Mereka harus diedukasi soal itu (salam genre). Dan pemerintah tentu berperan, karena ini merupakan salah satu upaya kita untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk,” tuntas H Sulkarnain. (m1/nir)

Facebook Comments