-IKLAN-

Kawasan RTH Talia Sudah Dibuka untuk Umum

59
Penampakan RTH Talia Abeli dari ketingian. (FOTO: HUMAS PEMKOT KENDARI)

KENDARI, BKK- Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Talia dan Bungkutoko yang berada di Kecamatan Abeli sudah bisa digunakan. Bahkan, sejumlah warga Kota Kendari sudah memanfaatkan kawasan tersebut untuk bersantai, berolahraga, dan rekreasi.

Wali Kota Kendari H Sulkarnain pada Kamis (15/10) mengatakan, dengan beroperasinya kawasan RTH Talia, akan bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat sekitar, jika dikelola dengan baik.

Karena, kawasan tersebut sudah ada kuliner, bisa olahraga, berswafoto sambil menikmati pemandangan sekitar pesisir pantai.

“Penataan wilayah mengusung konsep waterfront city atau pengembangan daerah tepian pantai dengan memprioritaskan potensi sumber daya yang ada di sekitar kawasan pesisir, mulai dari sumber daya manusia (SDM), sumber daya air (SDA), hingga menjadi tempat wisata dan ruang terbuka hijau (RTH),” ujar Sulkarnain.

Salah seorang pengunjung yang sedang bersantai, Fendi kepada koran ini mengungkapkan, dirinya senang dengan hadirnya ruang terbuka hijau di sekitar wilayah tempat tinggalnya.

“Ini merupakan obyek wisata baru yang menarik dan tertata dengan baik, di sini kami setiap saat bisa berolahraga, bersantai bersama keluarga sambil menikmati sajian kuliner warga masyarakat sekitar,” tuturnya.

Berdasarkan informasi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, di RTH Talia terdapat sekira 500 pohon bunga yang telah ditanam. Rinciannya sebanyak  200 bunga jenis terompet kuning dan 300 bunga jelita. RTH tersebut selain menjadi kawasan konservasi untuk kelestarian hidrologis juga sudah menjadi kawasan wisata baru bagi warga metro. (m1/iis)

Facebook Comments