Kasus Positif Covid-19 Tembus 2.126, H Sulkarnain Ajak Warga Metro Disiplin Terapkan Prokes

31

KENDARI, BKK – Kasus terkonfirmasi positif Coronavirus disease 2019 (Covid-19) tembus 2.126 kasus, Wali Kota Kendari H Sulkarnain mengajak warga Kota Kendari untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat beraktivitas.

“Kami tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh disiplin. Karena ini sangat penting, tapi ada saja masyarakat yang abai. Jadi, ini terus kita edukasi supaya masyarakat paham,” ujar H Sulkarnain, kemarin.

Dia menjelaskan, protokol kesehatan yang dimaskud yakni masyarakat wajib menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah, rajin mencuci tangan dimana saja, serta menghindari kerumuman dengan menjaga jarak (Physical Distancing).

“Disituasi dan kondisi saat ini, hanya cara itu yang paling efektif agar kita terhindar dari penularan. Sebab, untuk vaksin wabah ini sendiri masih belum ada,” paparnya.

Selain diwajibkan mematuhi prokes dimaksud, Dia juga mengimbau warga metro agar mematuhi Peraturan Wali Kota (Perwali) Kendari nomor 47 tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum prokes Covid-19, serta Surat Edaran (SE) Wali Kota Kendari nomor : 443.1/2992/2020 tentang pembatasan aktivitas masyarakat dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

“Dalam perwali dan SE tersebut sudah jelas semuanya. Bagi siapa saja yang melanggar prokes akan kita berikan sanski. Baik sanksi teguran lisan maupun tertulis, sanksi kerja sosial, hingga sanksi denda administrasi,” tandasnya.

Dia menegaskan, jika yang melanggar itu pelaku usaha, maka tentu pihaknya akan lakukan penutupan sementara. (m1/nir)

Facebook Comments