IAIN Lakukan Seleksi KIP Kuliah secara Daring

43
Gedung IAIN Kendari. (FOTO: IST)

KENDARI, BKK – Tahun ini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari memperoleh kuota beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebanyak 175 orang. Proses seleksinya dilakukan secara dalam jaringan (daring).

Wakil Rektor (Warek) III IAIN Kendari Dr H Herman mengatakan, beasiswa KIP Kuliah disalurkan mulai 2020 ini. Persyaratan beasiswa ini tidak jauh berbeda dengan beasiswa bidikmisi, hanya saja peserta diwajibkan memiliki KIP Sekolah atau bukti penerima bantuan sosial dari pemerintah.

Ia menjelaskan, pelaksanaan seleksi mengacu Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen)  Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Nomor 2581 Tahun 2020 tentang Juknis KIP Tahun 2020, yang telah dijabarkan dalam Juknis beasiswa KIP IAIN Kendari nomor 0174.5 Tahun 2020 yang diterbitkan tanggal 1 Agustus 2020.

Kata dia, proses seleksi administrasi hingga wawancara dilaksanakan secara daring, demi mencegah penularan Coronavirus Disease (covid-19).

“Kita akan memaksimalkan fasilitas teknologi informasi yang tersedia, untuk keperluan seleksi administrasi ini. Kami menjamin seleksi akan dilaksanakan secara transparan dan akuntabel yang tidak merugikan mahasiswa,” ujarnya, Kamis (22/10).

Ia menuturkan, pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah dibuka selama 15 hari, sejak 29 September sampai 13 Oktober 2020.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Amin Nasir MPd menuturkan,  pada tahap seleksi administrasi, sebanyak 256 orang mendaftarkan diri dengan meng-upload dokumen dipersyaratkan. Dari hasil seleksi administrasi ini, hanya 204 orang yang dinyatakan memenuhi syarat.

“Mahasiswa yang dinyatakan tidak lolos ini dikarenakan ada kekeliruan dalam dokumen yang di-upload. Seperti, surat permohonan yang tidak dibubuhi tanda tangan, atau tidak melengkapi persyaratan lainnya seperti foto rumah, keterangan prestasi dari sekolah, nilai raport selama enam semester, ijazah atau SKHU dan masih banyak lagi syarat lainnya,” tuntasnya. (r1/nir)

Facebook Comments