-IKLAN-

Baru 4000 Masyarakat di Bumi Sowite Terima Bantuan UMKM

67

RAHA, BKK – Sejak Juni 2020, baru sebanyak 4000 masyarakat di Bumi Sowite menerima bantuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari pemerintah pusat berjumlah Rp 2,4 juta perorang.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Koperasi Muna, Muh. Safei mengatakan sejak dibuka pendaftaran bulan Juni-Juli 2020, baru sekitar 4000an masyarakat pelaku usaha mikro di Muna dapat bantuan Presiden Usaha Mikro ini.

“Besaran bantuan ini Rp 2,4 juta perorang. Sedangkan jumlah masyarakat yang bergerak di bidang UMKM di Muna berdasarkan data dua tahun lalu ada 15 ribu orang,” katanya, Senin (26/10).

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang memasukkan permohonan bantuan pada bukan Juni-Juli lalu, telah ditransfer di rekening masing-masing penerima bantuan. “Namanya juga bantuan UMKM hibah, ya tidak ada pengembaliannya,” tambahnya.

Dirinya menjelaskan, syarat warga yang akan mendapat bantuan ini cukup miliki KTP, KK, No Handphone, nomor rekening bank dan surat keterangan dari desa atau kelurahan bahwa yang bersangkutan memiliki usaha kecil atau menengah.

“Tidak ada batasan kuota, jadi silahkan masyarakat pelaku usaha mikro bermohon saja. Bisa langsung ke Dinas Koperasi atau lewat gogle link. Bahkan bantuan ini baru tersalurkan sekitar 37 persen di Indonesia, ” ujarnya.

“Pendaftaran permohonan bantuan ini ditutup bulan November 2020. Saat ini setiap hari kita layani sekitar 300 orang perhari yang memasukkan permohonan bantuan ini,” jelasnya. (tri/r4)

Facebook Comments