-IKLAN-

Anak Tak Lolos KPPS, Kades Waworano Pecat 2 Perangkatnya

92

ANDOOLO, BKK– Kepala Desa (Kades) Waworano Kecamatan Kolono Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulaiman memecat dua perangkatnya, yang kebetulan juga merupakan anggota PPS (panitia pemungutan suara) di Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Tindakan itu ditengarai ada kaitannya dengan tidak lolosnya putra Pak Kades menjadi petugas KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara).

Keduanya adalah Kasdarni, dipecat dari jabatannya sebagai Ketua Rukun Tetangga (RT) di Desa Waworano dan Adi Putra Julianto dipecat dari sekretaris RT.

“Saya dan teman saya dipecat dari jabatan perangkat desa sebagai ketua RT dan sekretaris RT. Kami curiga ini menyangkut rekrutmen KPPS Desa Waworano,” kata Kasdarni, Kamis (22/10).

Ia menuturkan, dirinya sama sekali tidak keberatan dengan pemecatan itu. Namun, lanjut dia, dirinya hanya mempertanyakan apa alasan dan kesalahan sehingga dipecat dari ketua RT.

“Ini dia yang jadi pertanyaan saya. Kan ada salah satu calon KPPS adalah anaknya. Beliau nitip anaknya, tapi tidak lolos, karena setiap pertanyaan yang dikasih dia tidak menjawab,” jelasnya.

Ia mengaku, jabatannya sebagai Ketua RT Desa Waworano sejak 2019, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Desa Waworano Nomor: 141/03 Tahun 2020 tentang Pengangkatan Ketua Rukun Tetangga Desa Tahun Anggaran 2020 yang ditandatangani Kades Waworano, Suleman tertangga 14 Februari 2020.

Dikonfirmasi soal ini, Kades Waworano Sulaiman membantah jika pemecatan kedua perangkatnya itu hanya karena persoalan tidak terpilihnya anaknya menjadi anggota KPPS.

“Mereka itu bukan aparat, tapi lembaga. Kalau aparat kan ada aturannya. Ketemu saja saya di Waworano,” tepisnya, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon. (r2/r4)

Facebook Comments