Satpol PP Kolut Aktif Kawal Penerapan Protokol Kesehatan

9
Drs Ramang (foto: Mansiral/BKK)

LASUSUA, BKK – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kolaka Utara (Kolut) terus aktif mengawal realisasi kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut dalam hal kedisiplinan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Terkait kedisiplinan penerapan protokol kesehatan dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, Pemkab Kolut telah menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Kolut Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Pendisiplinan dan Penegakan Hukum Protokoler Kesehatan Covid-19, yang merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020.

“Kami terus gencar mengawal kebijakan pemerintah dalam hal penerepan protokol kesehatan ini, sebab masyarakat harus sadar bahwa hingga saat ini kondisi pandemi Covid-19 ini belum berakhir,” tegas Kepala Satpol-PP Kolut, Drs Ramang.

Ramang mengungkapkan, Perbup Kolut tentang penerapan pendisiplinan protokoler kesehatan Covid-19 tersebut, telah ditetapkan sejak 26 Agustus 2020. Olehnya itu lanjut dia, saat ini pihaknya bekerjasama dengan tim gabungan dari TNI Polri, tengah aktif melaksanakan operasi yustisia (penegakan hukum, red), sesuai Perbup yang ada.

“Operasi Ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 yang hingga saat ini masih terus meningkat. Sasarannya lokasi pasar, cafe, rumah kos dan tempat umum lainnya. Dan bagi masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker akan dikenakan sanksi,” jelas Ramang.

Menurutnya, penerapan sanksi terhadap masyarakat memiliki beberapa tahapan, mulai dari saksi teguran lisan, tertulis, sanksi sosial, hingga sanksi denda bagi masyarakat yang sudah terlalu sering didapati tidak mengindahkan penerapan protokol kesehatan.

“Sejak adanya penyebaran Covid-19 dari cluster tambang, saat itu kami aktif melakukan pengamanan di lokasi tambang yang ada di Kolut. Untuk lokasi tambang di Kecamatan Batuputih kita siagakan 5 personel per minggu, dan lokasi tambang di Desa Sulaho kita siagakan 4 personel per minggu,” ungkapnya.

Ramang mengimbau masyarakat, agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, mengingat pendemi Covid-19 ini masih belum berakhir, dan hingga saat ini juga belum ada kepastian vaksin Coron sudah ditemukan. (ral/r4)

Facebook Comments