Pelaksanaan MTQ Ke-XXVIII Digelar Secara Virtual

20
Rapat Persiapan Pelaksanaan MTQ Ke-XXVIII  di Aula Sasana Praja Pemda Kolaka

KOLAKA, BKK – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) 2020 mulai dari pembukaan pada tanggal 21 hingga 25 September mendatang bakal dilakukan secara virtual.

Keputusan ini berdasarkan hasil Rapat Persiapan Pelaksanaan MTQ oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Kolaka, Muh Bakri yang dihadiri perwakilan Kementrian Agama, H Syaifuddin Mustaming, panitia, pelatih, official, peserta lomba, dewan juri serta Kepala OPD terkait di Aula Sasana Praja Kolaka, Selasa (15/9).

Muh Basri mengatakan, dalam rangka keikutsertaan kafilah Kabupaten Kolaka pada pelaksanaan MTQ ke -XXVIII tingkat Provinsi Sultra secara virtual ini, maka perlu untuk menetapkan panitia, pelatih, official dan peserta kafilah MTQ Kolaka sebelum untuk mengikuti perlombaan.

“Menjadi perhatian khusus dalam pelaksanaan MTQ ini disemua tempat perlombaan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan serta menyediakan segala kebutuhan mengenai protokol kesehatan dengan baik karena penilaian juri berada di Provinsi, ” katanya.

Ditempat yang sama Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kolaka, Syaifuddin Mustaming mengatakan pada pelaksanaan MTQ kali ini, kafilah yang terlibat sebanyak 54 peserta.

“Ada yang didiskualifikasi pada saat pendaftaran karena berkas administrasinya, sehingga untuk cabang seni baca Alquran golongan tilawah cacat netra putri tidak bisa diikutkan dalam lomba,” jelasnya.

Dijelaskannya, cabang lainnya yang diikuti kafilah Kabupaten Kolaka, cabang qiraat Alquran golongan mujawwad dan murattal, cabang hafalan Alquran golongan 1, 5, 10, 20, dan 30 juz, cabang tafsir Alquran golongan bahasa Arab, Indonesia, dan Inggris.

Kemudian, cabang fahmil Alquran, syarhil Alquran, seni kaligrafi Alquran golongan naskah, hiasan mushaf, dekorasi, dan kontemporer, karya tulis ilmiah Alquran, seni baca Alquran golongan tartil Alquran, tilawah anak-anak, remaja, dan dewasa.

Lelaki yang akrab disapa Ustadz Pudo ini menjelaskan secara umum semua cabang dan golongan lomba akan dilaksanakan virtual. Hanya saja, ada beberapa cabang lomba yang dilakukan live full, misal cabang hafalan Alquran, termasuk cabang tafsir dan fahmil Alquran.

“Untuk mempersiapkan peserta akan dilakukan karantina mulai 18 September 2020. Selain itu, peserta juga akan melakukan rappid test untuk memastikan kondisi kesehatan peserta tetap dalam keadaan sehat dan aman dari Covid-19, ” (m5/r4)

Facebook Comments