Kominfo Tunda Pemasangan Jaringan FO di Kelurahan

26
Moh Nur Rasak.

KENDARI, BKK – Dinas Komunikasi dan Infortmatika (Kominfo) Kota Kendari menunda pemasangan jarigan Fiber Optik (FO) di kelurahan, akibat refocucing anggaran yang disebabkan mewabahnya Coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Kepala Diskominfo Kota Kendari Moh Nur Rasak, Selasa (15/9) mengatakan, saat ini pihaknya sudah membangun jarigan FO sepanjang 4,5 kilometer, yang menghubungkan dari Kominfo ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, termasuk perkantoran sekitar praja dua.

“Usai memasang FO di perkantoran, rencananya tahap selanjutnya itu kita harus membuat jarigan FO di kelurahan, hanya karena refocusing, sehingga anggarannya dialihkan untuk penanganan Covid-19,” ujar Moh Nur Rasak.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, karena jarigan yang dipasang baru sekitar perkantoran praja dua, maka instansi yang sudah bisa menggunakan jarigan FO itu adalah RSUD Kendari, Dinas Kesehatan, Dinas PTSP, dan perkantoran lainya yang ada di lingkungan praja dua.

“Untuk mempercepat akses-akses yang masuk lewat internet, tentu kita bekerja sama dengan dinas-dinas yang akan disambungakn jarigan tersebut. Sehingga, Kedepannya, semua pembiayaan internet itu sudah disatukan ke Kominfo. Jadi, nanti Kominfo saja yang membagi berapa Mbps yang mereka (instansi) gunakan,” paparnya.

Menurutnya, alasan pemasangan internet dialihkan ke Kominfo, supaya lebih efektif dalam penggunaannya. Pasalnya, lanjutnya, selama ini penggunaan internet dinilai mubazir, karena tidak terpakai sesuai kebutuhan.

“Selama ini mubazir. Artinya, terkadang instansi membeli kouta hingga 10 Mbps, tapi yang di kontrak itu menjadi 20 Mbps. Nah inikan mubazir,” tuntasnya. (m1/nir)

Facebook Comments