Jurus Ali Mazi Jinakkan Covid-19 di Sultra: Sejuta Masker

79
Ilustrasi.

KENDARI, BKK- Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi mengatakan, Kamis (10/9), menyongsong puncak penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang sudah semakin dekat, diperlukan upaya konkret untuk menciptakan kenyamanan bagi semua pihak, mengingat nuansa penyelenggaraan pilkada kali ini berada di masa new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) akibat pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Ia menyebut ada sebuah tantangan tersendiri, yaitu adanya kekhawatiran akan terpapar oleh virus corona, yang dapat mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa.

Atas dasar itulah, kata orang nomor satu di Bumi Anoa ini, lahir kegiatan gerakan “Sultra Sejuta Masker, Menyongsong Pilkada Aman dengan Protokol Kesehatan”.

Gerakan ini, ucap dia, termasuk dalam program Sultra Produktif. Sekaligus bentuk dukungan nyata pemerintah untuk membangun kesadaran semua komponen masyarakat tentang pentingnya memakai masker di tengah pandemi Covid-19, untuk kenyamanan bersama.

“Gerakan ini diarahkan untuk membangun kepekaan rasa tanggung jawab bahwa kita semua bertanggung jawab menghadirkan pilkada yang aman, tertib, damai, dan demokratis. Sebab tanggung jawab menyukseskan pelaksanaan pilkada bukan hanya ada di pundak KPU dan bawaslu selaku lembaga penyelenggara, tetapi juga ada pada komponen lainnya,” alasnya.

Dia melanjutkan, pilkada aman di masa AKB dalam arti bahwa bukan sekedar aman dari bahaya tindakan kriminal, konflik sosial, dan bencana alam, tetapi juga aman dari penyebaran Covid-19.

“Untuk itu, saya berharap semoga melalui kegiatan ini, kita dapat terus membangun kesadaran dan kepedulian terhadap sesama, melalui kedisiplinan memakai masker wajah yang merupakan salah satu wujud penerapan protokol kesehatan (prokes). Utamanya saat berinteraksi sosial dengan orang lain di sekitar kita, baik itu dengan tetangga, rekan kerja, teman dekat bahkan kerabat dekat sekalipun,” harapnya.

Ali Mazi mengatakan, pandemi covid-19 yang melanda dalam beberapa bulan terakhir telah membawa perubahan yang begitu besar, tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan tapi juga pada sektor lainnya, baik itu sektor sosial dan ekonomi, serta ketertiban dan ketentraman masyarakat.

“Hal ini secara keseluruhan telah  mempengaruhi dinamika dan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak terkecuali dalam proses penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 ini,” kata Ali Mazi.

Pilkada serentak akan dilaksanakan di 270 wilayah di seluruh Indonesia. Di Sultra terdapat 7 kabupaten yang akan melaksanakan pilkada, yakni Muna, Wakatobi, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Buton Utara, dan Kolaka Timur. (m3/iis)

Facebook Comments