Distanak Gagas Program READSI Ubah Mindset Petani Muda

37
Distanak Sultra saat menggelar pertemuan koordinasi program READSI tahun 2020 tingkat provinsi Sultra.

KENDARI, BKK – Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sulawesi Tenggara (Sultra) gagas program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling Up Initiative (READSI).

Program tersebut merupakan salah satu program untuk mendukung terwujudnya visi pembangunan pertanian, yaitu tercapainya kedaulatan pangan dan meningkatnya kesejahteraan petani, serta mendukung suksesnya program regenerasi petani.

Kepala Distanak Sultra Budianti Kadidaa mengatakan, para penyuluh sebagai ujung tombak pembangunan pertanian. Dimana, lanjutnya, melalui program READSI bisa merubah pola pikir generasi muda terkait pertanian.

“Jadi, saat ini kita harus merubah pola pikir generasi muda kita, khususnya para petani muda. Bahwa bidang pertanian adalah sebuah lapangan pekerjaan yang menjanjikan,” ujarnya, Rabu(16/9).

Olehnya itu, kata dia, dalam rangka memperkuat sinergi dan koordinasi antarmitra dan stakeholder di lapangan, program READSI juga mempunyai banyak komponen. Selain diharapkan bisa memperkuat kelembagaan petani, juga bisa menumbuhkan regenerasi petani.

“Program READSI, juga diharapkan mampu membangun rasa percaya diri melalui pemanfaatan sumber daya, untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pertanian dan non-pertanian,” paparnya.

Dengan tujuan, jelas dia, pemberdayaan petani di lokasi program, baik secara individu maupun kelompok, yang memiliki keterampilan membangun rasa kebersamaan bisa terwujud. (m3/nir)

Facebook Comments