Dinkes Berencana Bangun RS Lapangan Jika Pasien Covid-19 Terus Bertambah

23
dr M Ridwan dan dr Hasmudin. (FOTO: FAYSAL/BKK).

KENDARI, BKK – Dinas Kesehatan (Diknes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana akan membangun Rumah Sakit (RS) di lapangan, jika pasien Coronavirus disease 2019 (Covid-19) terus mengalami penambahan kasus dan ruang isolasi terisi penuh.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Sultra dr M Ridwan mengatakan, pasien positif Covid-19 semua sudah diantisipasi, baik pasien yang keluar maupun yang masuk.

“Saat ini posisinya balai pelatihan kesehatan (Bapelkes) Sultra sudah terisi 40 tempat tidur dari 70 tempat tidur,” katanya saat dihubungi wartawan koran ini, Senin (21/9).

Dikatakan, karena melihat pasien Covid-19 terus bertambah, maka pihaknya membuka lagi ruang isolasi yang ada di kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sultra dengan kapasitas 70 kamar.

“Kalau sudah tidak bisa lagi di BPSDM maka kami akan masukan pasien Covid-19 ruang isolasi di Eks SMA angkasa. Jadi semua kita antisipasi, kalau pun semua ini full maka saya bikin rumah sakit lapangan,” paparnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pembuatan RS lapangan ini jika pasien Covid-19 terus mengalami penambahan. Untuk itu, Ridwan mengimabu seluruh masyarakat Sultra agar mematuhi protokol kesehatan, demi memutus mata rantai penyebaran penyakit mematikan tersebut.

“Salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebarannya dengan mematuhi protokol kesehatan. Karena, jika kita tidak mematuhi protokol kesehatan, maka wabah ini terus menghantui kita,” jelasnya.

Dia menganjurkan seluruh warga di Bumi Anoa untuk selalu memakai masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Terpisah Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Rumah Sakit Umum (RSUP) dr Hasmudin mengatakan, pasien positif Covid-19 di rumah sakit plat merah ini telah mencapai 33 pasien.

“Jadi, 33 pasien itu dirawat di ruang isolasi dari 41 kamar yang disiapkan. Sementara ada beberapa juga terkonfirmasi positif Covid-19 dan dirawat di ruangan VVIP Covid-19 dengan isolasi mandiri dengan jumlah kamar sebanyak 5 kamar,” tuntasnya. (m3/nir)

Facebook Comments