Awal Desember Tahun Ini, Rehabilitasi dan Pembangunan 63 Sekolah di Kendari Rampung

39
Muchdar Alimin. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, menargetkan rehabilitasi dan pembangunan 63 sekolah di Kendari melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat awal desember 2020 rampung.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikmudora Kendari Muchdar Alimin mengatakan, saat ini progres rehabilitasi dan pembangunan 63 sekolah di Kendari sudah mencapai 25%. Bahkan, sebut Muchdar, ada yang 65%.

Dia mengaku, dalam proses pembangunan puluhan sekolah tersebut tidak mengalami masalah yang berarti, semua berjalan sesuai perencanaan sejalan dengan pencairan anggaran tahap pertama yang menargetkan minimal 25% dari total anggaran Rp16 miliar.

“Selain merampungkan progres pencairan pertama, dikejar juga laporan Surat Pertanggungjawaban (SPj), bahwa pembangunan 25% sudah terlaksana dengan sangat baik,” ujarnya, Sabtu (19/9).

Dikatakan, saat ini pihak sekolah sedang mempersiapkan pengurusan pencairan anggaran tahap kedua. Rata-rata, sebut dia, pihak sekolah sedang mempersiapkan persyaratan administrasi di keuangan.

“Kita target awal desember 63 sekolah rampung pengerjaannya, yang terdiri dari 5 Taman Kanak-kanak (TK), 45 Sekolah Dasar (SD), dan 13 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Maksimal pertengahan Desember semuanya sudah rampung, dan kita tinggal siapkan pelaporan,” paparnya.

Lebih lanjut, dia memastikan, rehabilitasi dan pembangunan 63 sekolah tersebut tidak sampai menyeberang tahun, mengingat kontrak pembangunan sekolah tersebut hanya sampai Desember 2021.

Dibeberkannya, pembangunan sekolah ini sejalan dengan peningkatan mutu pendidikan di Kendari. Pihaknya, secara perlahan-lahan bakal kearah itu.

“Pelan-pelan kita benahi, mulai dari sarana prasarana (sapras) yakni rehabilitasi dan pembangunan. Kalau sudah tercapai sapras, mutu pendidikan pasti akan mengikut,” pungkasnya. (r1/nir)

Facebook Comments