35.236 Pelajar dan 9.685 Guru Bakal Dapat Paket Data Gratis

20
Seorang guru SMA sedang menghukum muridnya.

KENDARI, BKK- Sebanyak 44.921 siswa  dan guru di 17 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal mendapatkan paket data internet secara gratis dari pemerintah pusat.

Tentu saja yang dimaksud adalah guru dan siswa di bawah naungan pemerintah provinsi, yaitu sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK), dengan rincian 35.236 pelajar dan 9.685 guru.

Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra Asrun Lio mengungkapkan, pemberian paket data internet merupakan respons cepat pemerintah pusat terhadap siswa dan guru di masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Paket data internet yang diberikan, beber dia, mencapai 35 gigabyte (gb), dan proses transfernya diatur pemerintah pusat.

“Kami hanya mendata nomor ponsel siswa dan guru secara keseluruhan di data pokok pendidikan (dapodik). Nanti, itu yang menjadi acuan pemerintah pusat mengirim paket data internet tersebut,” ujarnya, Selasa (15/9)

Setelah pendataan nomor kontak guru dan siswa di tutup, sambung dia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih perlu melakukan tahapan verifikasi nomor kontak tersebut.

“Direncanakan proses transfernya pertengahan bulan ini,” ucapnya.

Asrun berharap, pemberian paket data internet gratis ini dapat memberikan kemudahan kepada guru dan siswa dalam mengakses proses belajar mengajar (PBM) dalam jaringan (daring) di masa pandemi Covid-19.

“Jangan sampai bantuan ini menjadi kesempatan untuk bermain game , bermain sosmed, dan lainnya, yang merugikan diri sendiri,” pesannya. (r1/iis)

Facebook Comments